Kompas TV nasional peristiwa

Teknologi AI dari UGM Bantu Temukan Kerusakan Jalan Tol, Begini Caranya

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:30 WIB
teknologi-ai-dari-ugm-bantu-temukan-kerusakan-jalan-tol-begini-caranya
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggandeng peneliti dari UGM dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memantau kerusakan jalan tol di seluruh Indonesia (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti dari UGM diminta untuk memantau kerusakan jalan tol dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) lah yang menggandeng UGM dalam proyek ini.

Menurut Kepala BPJT Danang Parikesit, teknologi AI bisa memberikan informasi lebih cepat terkait potensi retakan atau lubang sehingga pemeliharaan bisa dilakukan lebih dini.

“Jadi tidak perlu menunggu jalan tol rusak baru diperbaiki,” ujarnya seusai penandatangan nota kesepahaman kerja sama dengan UGM, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Viral Video Polisi Kejar Truk di Jalan Tol Pasuruan, Sopir Malah Tancap Gas Saat Diminta Menepi

Ia menuturkan, lewat teknologi AI yang diusung UGM, pemeliharaan aset infrastruktur jalan tol bisa lebih terjaga dengan baik. Terlebih BPJT mengatur 2.300 kilometer jalan tol yang dikelola oleh 40 badan usaha milik pemerintah maupun swasta.

Danang menyebutkan ada 62 ruas jalan tol dengan portofolio investasi lebih dari Rp 600 triliun.

Ia mengungkapkan, sampai 2024, pemerintah berencana membangun jalan tol baru sepanjang 2.500 kilometer. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang lebih canggih untuk memantau jalan tol dan tidak lagi mengandalkan metode pemetaan secara manual.

Penulis : Switzy Sabandar




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:58
KBRI YANGON SIAGA II SEIRING MENINGKATNYA AKSI KEKERASAN DI MYANMAR   LEBIH DARI 18.000 GEMPA BUMI TELAH MENGGUNCANG DI WILAYAH BARAT DAYA ISLANDIA DALAM SEPEKAN TERAKHIR   ARAB SAUDI HANCURKAN "DRONE" BERSENJATA KIRIMAN PEMBERONTAK HOUTHI   SEBANYAK 900 PEDAGANG DARI 5 PASAR TRADISIONAL DI MAGELANG SIAP DIVKASIN   PEDAGANG PASAR INDUK KRAMATJATI, JAKTIM, TUNGGU KEPASTIAN JADWAL VAKSINASI COVID-19   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA   WAGUB RIAU EDY NATAR NASUTION SEBUT KEBAKARAN HUTAN DIDUGA ULAH BANDAR NARKOBA   WALI KOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA ORANGTUA KAWAL ANAK SAAT SEKOLAH DIBUKA KEMBALI JULI 2021   WALI KOTA TANGERANG ARIEF R WISMANSYAH BELUM YAKIN WILAYAHNYA DAPAT MENGGELAR PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JULI 2021   KEMENKES TELAH MELAKUKAN "TRACING" KONTAK ERAT PASIEN KORONA B117 DI BREBES, JATENG   DINSOS DKI: BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) UNTUK WARGA TERDAMPAK COVID-19 CAIR PADA MINGGU KEDUA MARET 2021   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN LAKUKAN SWASTANISASI BUMN YANG PENDAPATANNYA DI BAWAH RP 50 M   POLDA RIAU TANGKAP 5 PELAKU PENYELUNDUPAN 40 KG SABU DAN 50.000 PIL EKSTASI DARI MALAYSIA   SBY SEBUT MOELDOKO TEGA DAN BERDARAH DINGIN MELAKUKAN KUDETA TERHADAP PARTAI DEMOKRAT