Kompas TV nasional peristiwa

Bupati Sleman Positif Covid-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 22:10 WIB

KOMPAS.TV - Bupati Sleman, Yogyakarta,  Sri Purnomo mengumumkan dirinya positif covid-19 setelah menjalani tes usap atau swab. Sri Purnomo sebelumnya pekan lalu sempat mengikuti vaksinasi covid-19.
 
Dalam video yang dibagikannya, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Purnomo menjelaskan kondisinya cukup baik termasuk hasil pemeriksaan terhadap paru-parunya. Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya dinyatakan positif covid-19, bupati sleman Sri Purnomo sempat ikut vaksinasi covid-19 pada 14 Januari lalu.

Sejumlah laporan efek samping vaksin sinovac di tanah air diterima Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Menurut Ketua KIPI, Hindra Irawan Satari, gejala efek samping yang dilaporkan termasuk kategori ringan dan tidak berbahaya.

Secara medis, vaksin yang disuntikkan pada awalnya dianggap sebagai benda asing sehingga memicu reaksi di dalam tubuh.

Gejalanya pun berbeda, ada yang diberi obat dan ada juga yang tidak perlu pengobatan.

Ahli biologi molekuler Indonesia, Ahmad Utomo, menjelaskan, salah satu alasan kenapa orang yang sudah divaksin masih bisa terinfeksi Covid-19 karena injeksi vaksin diberikan di bahu.

"Injeksi di bahu itu menimbulkan antibodi IgG bukan IgA. Kalau untuk mencegah infeksi, maka (yang dibutuhkan) bukan suntikan di bahu. Tapi, inhaler untuk memicu IgA di rongga napas atas," imbuh dia.

Untuk diketahui, antibodi IgG adalah tipe antibodi yang paling umum muncul setelah injeksi bahu dan. Biasanya bersirkulasi di dalam pembuluh darah. Sementara antibodi IgA adalah tipe antibodi yang disekresi dan biasanya muncul di selaput lendir seperti rongga napas atas mulut dan hidung tenggorokan.

Selain itu, Ketua Satags Covid-19 dari IDI, Prof. Zubairi Djoerban menyebutkan jika antibodi dalam vaksin muncul sebulan setelah penyuntikan.

Untuk penjelasan selengkapnya, simak dalam tayangan berikut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x