Kompas TV nasional update corona

PPKM Diperpanjang, Satgas Covid-19 Ungkap Alasan Spesifik

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 14:44 WIB
ppkm-diperpanjang-satgas-covid-19-ungkap-alasan-spesifik
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (Sumber: KompasTV)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat akhirnya diperpanjang dimulai pada 26 Januari hingga 8 Februari 2021. 

Satgas Penanganan Covid-19 memiliki sejumlah alasan dari hasil monitoring dan evaluasi sebelumnya, khususnya pelaksanaan PPKM Jawa - Bali.

"Sehingga, perlu adanya pelaksaanaan kebijakan ini secara sungguh-sungguh, untuk menghasilkan perubahan yang signifikan terhadap penanganan kasus Covid-19, berdasarkan seluruh indikator yang ada," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/01/2021). 

Perpanjangan dirasakan perlu karena dampak dari kebijakan PPKM periode 11 - 25 Januari 2021, belum sepenuhnya memberi hasil maksimal.

Rincian evaluasi dari Satgas Penanganan Covid-19, di antaranya:

1. Pada indikator kasus aktif, sebanyak 46 kabupaten/kota mengalami peningkatan, 24 kabupaten/kota menurun, 3 kabupaten/kota tidak mengalami perubahan. 

2. Pada indikator kematian, sebanyak 44 kabupaten/kota mengalami peningkatan, dan 28 kabupaten/kota mengalami penurunan.

3. Pada indikator kesembuhan, sebanyak 37 kabupaten/kota mengalami penurunan dan 36 kabupaten/kota mengalami peningkatan.

4. Pada indikator keterisian tempat tidur atau BOR, sebanyak 6 dari 7 provinsi atau persentasenya 66,32%, kabupaten/kota masih berada diatas paramater nasional. 

"Hasill monitoring dan evaluasi ini pun mencerminkan perlunya penambahan strategi penangangan pandemi, dengan memanfaatkan kekuatan negara, yaitu budaya gotong royong," katanya.

Lebih lanjut Wiku menilai perlu adanya pemantauan pelaksanaan kebijakan ini, termasuk mengobservasi kepatuhan protokol kesehatan di tingkatan lebih spesifik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.