Kompas TV internasional kompas dunia

Tertekan Terjangkit Covid-19, Perempuan Ini Bunuh Diri dan Tinggalkan Surat Minta Maaf

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 12:59 WIB
tertekan-terjangkit-covid-19-perempuan-ini-bunuh-diri-dan-tinggalkan-surat-minta-maaf
Ilustrasi bunuh diri (Sumber: Msw.usc.edu)
Penulis : Ahmad Zuhad

TOKYO, KOMPAS.TV - Seorang perempuan berusia tiga puluhan tahun tewas bunuh diri di sebuah gedung di Tokyo. Perempuan itu juga meninggalkan memo permintaan maaf untuk orang-orang terdekatnya.

Sebelumnya, perempuan itu baru mendapat perawatan medis di rumah setelah terjangkit Covid-19.

"Saya minta maaf telah merepotkan orang-orang sekeliling saya karena masalah ini," tulis perempuan itu dalam memo bunuh diri tersebut.

Mengutip Tribunnews.com, perempuan itu diketahui mengalami stres dan ketakutan akan menularkan corona pada tetangganya hingga nekat bunuh diri.

Pihak berwenang sedang menyelidiki kronologi kejadian itu.

Michiko Ueda, seorang profesor di Universitas Waseda sedang menyelidiki efek psikologis pandemi Covid-19. Ia mengatakan, pemerintah mesti menyiapkan langkah-langkah mengatasi dampak meningkatnya jumlah pasien Covid-10 isolasi mandiri.

"Infeksi virus corona tidak hanya menyebabkan kecemasan terkait kesehatan, tetapi juga kecemasan pada keluarga Anda," ujar Associate Professor Ueda.

Banyak orang yang merasa terbebani dan terkadang harus melakukan pekerjaan rumah tangga sambil mencemaskan kesehatannya sendiri. Komunikasi dengan orang lain juga terbatas hingga membebani mental.

"Saya pikir mereka sedang terpojok sehingga perlu adanya penjagaan yang cukup, seperti puskesmas tidak hanya memeriksa kondisi fisik, tetapi juga memahami kondisi mental lebih detail dan melakukan tindakan yang tepat," kata Euda.

Dalam jurnal Psychiatry and Clinical Neurosciences, Ueda dan dua peneliti lain menyimpulkan, masalah ekonomi karena pandemi Covid-19 juga ikut mempengaruhi kesehatan mental masyarakat umum.

Dilansir dari Japantimes.co.jp, tingkat bunuh diri di Jepang naik 16 persen pada periode Juli-Oktober 2020 dari periode sama tahun 2019.

Pandemi memang membebani mental banyak orang. Bagi yang merasa terganggu pikiran, tubuh, serta aktivitasnya juga merasa tertekan dan cemas berlebih, disarankan berkonsultasi dengan psikologi.

Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK) memberi konseling online gratis. Pembaca bisa mendapatkan kontak dan jadwal konseling di sini.

Pembaca juga bisa mendapat melakukan psikoterapi mandiri dengan panduan relaksasi dari psikolog berpengalaman. Panduan berbentuk audio untuk tenaga kesehatan dan masyarakat umum bisa didapatkan di sini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.