Kompas TV klik360 cerita indonesia

Longsor dan Jalan Terputus, Bantuan Korban Gempa Mamuju - Majene Dikirimkan Lewat Udara

Jumat, 22 Januari 2021 | 16:29 WIB

MAMUJU, KOMPAS.TV – Sulitnya menyalurkan bantuan bagi korban gempa di Sulawesi Barat, membuat TNI menggunakan jalur udara untuk menuntaskan misi tersebut.

Bantuan disalurkan dengan menggunakan helikopter. Danlanal Mamuju Letkol (Mar) Laode Jimmy mengatakan, opsi udara dipilih  lantaran banyaknya jalanan yang terputus, sehingga mempersulit proses pengiriman bantuan.

“Kendala yang pertama, kalau lewat darat kita sudah lihat sendiri kondisi jalan yang sudah putus. Beberapa pegunungan yang sudah longsor”, ungkap Laode saat diwawancara Kompas TV.

Baca Juga: 7 Bangunan Rusak Akibat Gempa 7,0 di Kepulauan Talaud

Meski demikian, kondisi cuaca yang tak menentu juga kerap menyebabkan bantuan tersebut gagal didistribusikan.

“Kemudian cuaca, seperti kemarin kita sudah bisa coba terbang, ternyata berisiko, kita putuskan kembali ke base”, tambahnya.

Adapun bantuan yang diberikan adalah berupa logistik, makanan, pakaian hingga obat-obatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Ada bantuan logistik, dan juga tenaga kesehatan. Kalau memang harus dievakuasi kita bawa kalau ringan akan ditangani di sana. Ada satu dokter dan satu perawat yg ikut sama kami”, tambahnya.

Penulis : Abdur Rahim


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:14
BAHAS PERUBAHAN IKLIM, MENKO MARVES LUHUT PANDJAITAN GELAR PERTEMUAN VIRTUAL DENGAN UTUSAN KHUSUS PRESIDEN AS   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA MENAIKKAN PANGKAT 12 PERWIRA TINGGI TNI AD    BOBBY AFIF NASUTION DAN AULIA RACHMAN RESMI MENJABAT SEBAGAI WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA MEDAN, SUMUT    MENKO PMK BERHARAP VAKSINASI COVID-19 TERHADAP PARA ATLET DAPAT MENGAKTIFKAN KEMBALI KEGIATAN OLAHRAGA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY OPTIMISTIS PENERAPAN PPKM MIKRO MAMPU PERCEPAT PENANGANAN COVID-19 DI INDONESIA    BANK INDONESIA OPTIMISTIS EKONOMI DOMESTIK PULIH SECARA BERTAHAP   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR KLAIM VAKSINASI DI LINGKUNGAN DPR TAK TERTUTUP MELAINKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   KADIN DKI BERHARAP DENGAN ADANYA VAKSINASI MANDIRI DAPAT MEMPERCEPAT PEMULIHAN EKONOMI DAN AKTIVITAS DUNIA USAHA    KETUA DPD HIPPI DKI MENYAMBUT BAIK KEPUTUSAN PEMERINTAH YANG MENERBITKAN ATURAN MENGENAI VAKSINASI MANDIRI   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, DAN 35.786 MENINGGAL DUNIA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN    SATGAS COVID-19: HINGGA 26 FEBRUARI 2021, SEBANYAK 1.583.581 TENAGA KESEHATAN SUDAH MENJALANI VAKSINASI   SATGAS COVID-19: PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO PERLU DILAKUKAN HINGGA LEVEL KOMUNITAS TERKECIL YAKNI RT, RW, DAN DESA