Kompas TV regional agama

Cuaca Buruk Nelayan Paceklik Ikan

Jumat, 22 Januari 2021 | 10:37 WIB

Klungkung, KOMPASTV - Dalam dua minggu terakhir ratusan nelayan tradisional di kabupaten klungkung mengalami paceklik ikan yang diakibatkan arus deras imbas dari cuaca buruk yang terjadi belakangan ini .

 

Namun demikian nelayan-nelayan tradisional dengan mesin tempel ini tetap berusaha bangkit dan terus turun melaut walaupun tangkapan jarang didapat . Sambil tetap waspada jika sewaktu-waktu ombak membesar dan terjadi hujan angin , mereka harus balik ke daratan menghindari musibah .

 

Salah satu nelayan di pantai kusamba klungkung , nyoman maja mengaku , selasa ini dia benar-benar kosong tangkapan . Selain rugi tenaga , biaya minyakpun rugi total , lantaran tidak mendapat ikan satu ekorpun . Sementara nelayan lainnya juga mengalami hal serupa , jikapun dapat paling banyak 10 ekor ikan tongkol kecil.

 

Akibatnya ikan di pasar ikan tradisional  pun terpaksa dipasok dari wilayah lain dan bahkan dari luar bali . Dipasaran kenaikan harga ikan fluktuatif tergantung hasil tangkapan nelayan . Saat ini harga ikan rata-rata mengalami kenaikan hingga rp 5000 perkilogramnya , seperti ikan jenis tongkol sebelumnya rp 20 ribu perkilonya saat ini dipasaran melonjak menjadi rp 25 ribu perkilo.

#nelayan #paceklikikan #dampakcuacaburuknelayan

Penulis : KompasTV Dewata


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:27
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   TIM DVI POLRI BERHASIL MENGIDENTIFIKASI SATU LAGI KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENTERIAN PUPR GENCARKAN GERAKAN BANGUN RUMAH SUBSIDI BERKUALITAS   WAMENKES: VAKSIN SINOVAC YANG BARU TIBA DIPERUNTUKKAN BAGI PELAYAN PUBLIK DAN LANSIA   KETUA SATGAS DONI MONARDO OPTIMISTIS PANDEMI COVID-19 BISA TERKENDALI PADA 17 AGUSTUS 2021   KETUA SATGAS DONI MONARDO: MAYORITAS KASUS KEMATIAN COVID-19 BERASAL DARI PENDERITA KOMORBID   KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA PEMERINTAH LINDUNGI PELAKU BUDAYA DAN PARIWISATA DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19   KPK DALAMI DUGAAN KORUPSI GUBERNUR SULSEL NURDIN ABDULLAH MENGALIR KE DANA KAMPANYE PILKADA   MENSOS TRI RISMAHARINI KUKUHKAN PENGURUS NASIONAL KARANG TARUNA NASIONAL PERIODE 2020-2025   PEMKAB BULELENG, BALI, TARGETKAN PEMBERIAN VAKSIN KEPADA 7.500 ORANG, TERMASUK ASN DAN TNI-POLRI   WAKIL MENTERI KESEHATAN SEBUT SEMUA VAKSIN YANG DIPESAN PEMERINTAH AKAN PENUHI VAKSINASI 186 JUTA RAKYAT INDONESIA   WAKIL MENTERI KESEHATAN: SELAIN DARI SINOVAC, PEMERINTAH MASIH TUNGGU VAKSIN DARI PFIZER, ASTRAZENECA, DAN NOVAVAX   SAAT INI SUDAH 38 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 YANG DITERIMA PEMERINTAH RI DARI PEMESANAN 185 JUTA DOSIS VAKSIN SINOVAC   PEMAKAMAN JENAZAH COVID-19 DI TPU BAMBU APUS SAAT INI CAPAI 1.150 PETAK, DARI 1.200 PETAK MAKAM YANG TERSEDIA