Kompas TV olahraga kompas sport

Sejumlah Rekor Buruk yang Ditorehkan Liverpool Usai Keok dari Burnley

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 10:22 WIB
sejumlah-rekor-buruk-yang-ditorehkan-liverpool-usai-keok-dari-burnley
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ahmad Zuhad

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Pekan 19 Liga Inggris 2020/2021 menciptakan hasil mengejutkan. Burnley, yang sebelum laga berlangsung adalah tim peringkat 17, menekuk juara bertahan Liverpool. Lebih hebatnya lagi, Burnley melakukannya di markas The Reds, Stadion Anfield.

Burnley membawa pulang tiga poin tambahan melalui sepakan penalty Ashley Barnes pada menit 83. Itu adalah gol tunggal di laga ini.

Padahal, sepanjang pertandingan Liverpool tampil sangat dominan dengan 72% rata-rata penguasaan bola, serta membuat 27 tembakan yang 13 di antaranya dibuat di babak pertama.

Hasil ini membuat Burnley naik ke peringkat 16 klasemen dengan total raihan 19 poin dari 18 laga, unggul 7 angka dari zona degradasi. Sementara sang juara bertahan tertahan di posisi 4 dengan 34 poin dari 19 laga.

Lebih dari sekadar kalah, Liverpool membuat beberapa rekor buruk di laga tersebut. Berikut sejumlah rekor yang tercipta di laga Liverpool vs Burnley.

  • Liverpool telah melalui empat laga beruntun di ajang liga tanpa mencetak gol. Rekor yang terakhir kalil mereka catatkan pada Mei 2000.
  • Sejak terakhir kali mencetak gol, 25 hari silam (vs West Brom), Liverpool telah membuat 87 tembakan yang tidak menghasilkan satu pun gol.
  • Ini merupakan pertama kalinya klub arahan Jurgen Klopp melalui empat laga tanpa mencetak gol semenjak terakhir kali menukangi Mainz (November-Desember 2006).
  • Liverpool sudah tidak meraih kemenangan di lima pekan terakhir Liga Inggris (3 imbang 2 kalah). Sejak dilatih Jurgen Klopp, ini merupakan kedua kalinya mereka tidak mampu menang di 5 laga beruntun sejak Januari-Februari 2017.
  • Musim ini, Liverpool sudah kebobolan 2 kali lewat titik putih ketika bermain di Anfield. Sebelum musim 2020/2021 dan sejak dilatih Jurgen Klopp mereka hanya pernah 2 kali kebobolan penalti ketika bermain kandang.
  • Ini adalah kekalahan perdana Liverpool di Anfield sejak April 2017, atau 69 pertandingan terakhir. Ini adalah rekor unbeaten kandang terlama kedua di divis teratas Inggris setelah Chelsea (86 laga).


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x