Kompas TV regional berita daerah

25 Relawan Uji Klinis Vaksin Terpapar Covid 19

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 21:44 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS.TV, - Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid 19, dari Fakultas Kedokteran Unpad  Kusnandi Rusmil mengatakan dari 1620 orang relawan uji klinis vaksin  sebanyak 25 relawan terkonfrmasi positif korona . rinciannya  18 relawan penerima plasebo atau obat kosong dan 7 relawan lainnya penerima vaksin  ke 25 relawan tersebut positif korona setelah mendapatkan suntikan kedua.

Meski terpapar korona relawan yang menerima vaksin berstatus orang tanpa gejala hingga bergejala ringan sehingga tidak dilakukan perawatan dirumah sakit sedangkan relawan penerima plasebo ada yang bergejala berat hingga membutuhkan perawatan.

Kusnandi Rusmil juga mengatakan relawan yang terpapar korona kemungkinan saat disuntik vaksin imunnya sedang tidak terlalu baik sehingga masih bisa terpapar namun vaksin mencegah gejala berat ketika seseorang terpapar korona.

Sementara itu dari hasil uji klinis vaksin tingkat efikasi vaksin sinovac mencapai 65,3 persen melebihi batas syarat yang diberikan who 50 persen.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x