Kompas TV internasional kompas dunia

Selain Donald Trump, Ini Presiden AS yang Hanya Jabat 1 Periode

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 17:47 WIB
selain-donald-trump-ini-presiden-as-yang-hanya-jabat-1-periode
Trump mengepalkan tangan ketika berada di detik-detik terakhir keberadaannya di Gedung Putih. Ia meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter Marine One untuk menuju kediamannya di Mar-a-Lago, Florida, Rabu (20/1/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV  - Joe Biden resmi menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat setelah dilantik kemarin Rabu (20/1/2021). Biden menggantikan Donald Trump yang hanya menjabat Presiden AS selama 1 periode.

Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris resmi dilantik setelah berhasil mengalahkan petahana Donald Trump-Mike Pence di Pilpres AS 2020 pada November lalu.

Trump sendiri merupakan Presiden AS ke-45 yang menjabat pada tahun 2017 hingga 2020. Saat itu dia berhasil mengalahkan Hillary Clinton dengan 304 suara electoral pada Pilpres 2016.

Trump dikenal sebagai presiden AS yang kontroversial. Dia menganggap remeh pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 389 ribu warga AS. Dia juga kerap melontarkan retorika rasis saat ketegangan rasial meningkat di AS pada 2020 lalu.

Baca Juga: Meski Dukung Donald Trump, Ayah Lady Gaga Bangga Sang Putri Bisa Tampil di Pelantikan Joe Biden

Bahkan di penghujung masa jabatannya, Trump melalui akun twitternya dinilai menghasut kekerasan di Gedung Capitol. Saat itu pendukungnya yang marah merangsek masuk Gedung Capitol untuk menggagalkan pengesahan kemenangan Presiden Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris. Imbasnya, Twitter pun menangguhkan secara permanen akun probadi Trump pada Juam’at (8/1/2021) lalu.

Selain Donald Trump, berikut empat presiden AS yang juga menjabat satu periode.

Jimmy Carter

Jimmy Carter merupakan presiden AS ke-39 yang menjabat dari 1977 hingga 1981. Saat masa kepemimpinannya, AS terus menderita stagflasi. Keadaan ini diperparah dengan gagalnya penyelamatan sandera AS di Iran menjelang akhir masa jabatannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x