Kompas TV internasional kompas dunia

Makna di Balik Kalung Mutiara Kamala Harris yang Dikenakan Saat Pelantikan

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 16:18 WIB
makna-di-balik-kalung-mutiara-kamala-harris-yang-dikenakan-saat-pelantikan
Kamala Harris saat dilantik menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat 20 Januari 2021 (Sumber: Associated Press)
Penulis : Fiqih Rahmawati

WASHINGTON DC, KOMPAS. TV – Rabu (20/1/2021), Kamala Harris mencetak sejarah baru sebagai wanita pertama dan wanita kulit hitam yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Pada acara pelantikan tersebut, Kamala Harris melakukan sumpah jabatan pada dua Alkitab milik Thurgood Marshall, hakim Mahkamah Agung Afrika-Amerika dan milik Regina Shelton, tetangga masa kecilnya yang disebut pengganti ibunya.

Kamala Harris hadir dengan setelan dress ungu hasil rancangan desainer Christoper John Rogers. Ia juga mengenakan perhiasan kalung mutiara yang ternyata memiliki makna cukup dalam.

Dilansir dari Town and Country Mag, kalung mutiara Kamala Harris merupakan simbol solidaritasnya kepada perkumpulan mahasiswi Alpha Kappa Alpha (AKA) di Universitas Howard, Washington DC.

Pendiri AKA sering disebut sebagai “Twenty Pearl” atau “Dua Puluh Mutiara”. Kamala Harris berusaha menunjukkan rasa hormat dan persaudaraannya melalui kalung tersebut.

Baca Juga: Kamala Harris Gunakan Dua Injil Dalam Pelantikannya, Ternyata Merupakan Injil Bersejarah

Kamala Harris bahkan diketahui selalu mengenakan kalung mutiara tersebut di hampir setiap acara penting sejak lulus dari universitas.

Kalung mutiara Kamala Harris merupakan kalung yang dirancang oleh Wilfredo Rosado. Kalung tersebut terdiri dari 12 mutiara Laut Selatan yang dipisahkan oleh 11 berlian yang memiliki makna khusus.

Menurut Rosado, kalung tersebut memiliki tema pemersatu. Rantai emas melambangkan kekuatan, mutiaan mewakili feminitas dan ketahanan, dan berlian menandakan kesan elegan dan glamor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x