Kompas TV regional berita daerah

Menanti Kepastian Perpanjangan PSBB di Yogyakarta

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 16:14 WIB
menanti-kepastian-perpanjangan-psbb-di-yogyakarta
Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Satgas Covid-19 DIY Danang Syamsurizal, berbicara soal rencana perpanjangan PSBB atau PTKM Yogyakarta (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Wacana perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Bali juga berimbas ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Satgas Covid-19 DIY sudah mengajukan draft terbaru perpanjangan PSBB atau Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Yogyakarta mendapat rekomendasi untuk memperpanjang PTKM,” ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Satgas Covid-19 DIY Danang Syamsurizal, Kamis (21/1/2021).

Saat ini ia sedang menunggu hasil evaluasi draft yang telah dikirim. Melalui draft tersebut, ia akan mendapat arahan pelaksanaan perpanjangan PTKM.

Baca Juga: Aksi Protes Pedagang Angkringan dan Wedang Ronde Saat PSBB di Yogyakarta

Danang mengaku belum mendapat informasi pasti perihal penerapan kebijakan PTKM Jilid 2 di Yogyakarta. PTKM Jilid 1 menurut jadwal baru berakhir pada Senin, 25 Januari 2021.

“Kabarnya besok Jumat (PTKM) diputuskan, diperpanjang atau tidak,” ucapnya.

Menurut Danang, perpanjangan PSBB atau PTKM di Yogyakarta bukan tanpa sebab. Angka kasus positif Covid-19 teru meningkat sejak libur akhir tahun. 

Baca Juga: Okupansi Hotel di Yogyakarta Terjun Bebas Saat PSBB

“Memang masyarakatnya masih belum sadar situasinya. Kantor sudah WFH tapi kok di luar masyarakatnya masih banyak,” kata Danang.

Ia mengungkapkan jika PSBB atau PTKM jilid 2 diberlakukan di Yogyakarta dan empat kabupaten lainnya, maka akan dimodifikasi. Misal, jam buka usaha tidak bisa disamaratakan, bergantung pada jenis usahanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x