Kompas TV nasional peristiwa

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 8 Februari 2021, Apa Saja Aturan yang Berubah?

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 15:07 WIB
ppkm-jawa-bali-diperpanjang-sampai-8-februari-2021-apa-saja-aturan-yang-berubah
Pemerintah Indonesia perpanjang pelarangan WNA untuk masuk ke Indonesia selama 14 hari ke depan, demikian pernyataan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (11/1/2021) (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali diperpanjang mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PPKM untuk dilanjutkan.

“Bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan,” ujar Airlangga, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/1/2021).

Pembatasan Kegiatan Jawa-Bali masih akan diberlakukan di tujuh provinsi, yakni DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Keputusan memperlanjang pembatasan kegiatan Jawa-Bali ini dilakukan setelah adanya evaluasi dari PPKM pertama, dimana hanya Banten dan Yogyakarta yang berhasil menurunkan penularan Covid-19.

Baca Juga: Pemprov DKI Dukung Keputusan Pusat Perpanjang PPKM di Jawa dan Bali

Secara keseluruhan, aturan yang diberlakukan di PPKM lanjutan ini hampir sama dengan PPKM sebelumnya. Hanya saja, pusat perbelanjaan, mall dan restoran akan diberi kelonggaran jam operasional, dari yang semula sampai pukul 19.00, kini pukul 20.00.

Menurut Airlangga, langkah tersebut dilakukan karena ada beberapa daerah yang cenderung ‘flat’.

Sementara aturan yang lainnya, seperti sector perkantoran tetap wajib menerapkan work from home (WFH) 75 persen karyawan.

Sektor pendidikan juga tetap dilakukan secara daring. Tempat ibadah umum dibatasi 50 persen.

Untuk restoran, makan di tempat hanya dibatasi 25 persen pengunjung dan disarankan untuk melakukan system take away atau bungkus. Sementara untuk industry 100 persen masih beroperasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.