Kompas TV nasional peristiwa

Penjelasan BMKG Soal Fenomena Angin Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 23:53 WIB
penjelasan-bmkg-soal-fenomena-angin-puting-beliung-di-waduk-gajah-mungkur-wonogiri
Angin puting beliung yang terjadi di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu petang (20/1/2021) (Sumber: Istimewa via TribunSolo)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Fenomena angin puting beliun menggegerkan warga yang berada di sekitar Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu petang (20/1/2021).

Kemunculan angin puting beliung terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Angin berputar ke langit di atas waduk Gajah Mungkur saat cuaca tengah mendung.

Meski tampak seperti angin puting beliung dan memiliki mekanisme yang sama, namun nama untuk fenomena itu adalah waterspout.

Baca Juga: Bikin Takut Warga, Puting Beliung Besar Muncul di Atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan waterspout identik dengan fenomena angin puting beliung, tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas.

Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan cumulonimbus (CB). Namun, tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena tersebut, tergantung pada kondisi labilitas atmosfer.

“Keberadaan awan CB juga dapat mengindikasikan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dan pada kondisi tertentu dapat menimbulkan potensi waterspout,” ujar Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/1/2021).

Guswanto menambahkan ada lima karakteristik dari fenomena waterspout. Pertama kejadian bersifat lokal.

Baca Juga: Fenomena Angin Puting Beliung Di Canggu Bali

Kedua, terjadi dalam periode waktu yang singkat, umumnya sekitar kurang lebih 10 menit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x