Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden akan Disumpah dengan Alkitab Berusia 127 Tahun Warisan Keluarganya

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 21:19 WIB
joe-biden-akan-disumpah-dengan-alkitab-berusia-127-tahun-warisan-keluarganya
Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS TV - Tinggal beberapa jam lagi Joe Biden akan dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat terpilih. Pelantikan tersebut akan dilangsungkan hari ini, Rabu (20/1/2021), pukul 11.30 waktu AS atau pukul 23.30 WIB. 

Dari sekian banyak hal menarik dalam acara pelantikan ini, ada satu yang khusus, yaitu tentang Alkitab yang akan digunakan untuk menyumpah Joe Biden nantinya.

Sebagaimana dikatakan Joe Biden di acara The Late Show with Stephen Colbert yang diulas The Oprah Magazine, Rabu (20/1/2021), Alkitab tersebut merupakan milik keluarga Joe Biden yang telah diwariskan secara turun temurun sejak tahun 1893.

Itu berarti, Alkitab tersebut telah berusia 127 tahun. 

Baca Juga: Jelang Dilantik jadi Presiden AS, Ini 4 Jejak Bermasalah Joe Biden

"Alkitab itu telah menjadi pusaka keluarga dan setiap tanggal penting tertulis di sana. Misalnya, setiap kali saya disumpah untuk apa pun, tanggalnya selalu ada dan tertulis di Alkitab," ucap Biden.

Penggunaan Alkitab keluarga untuk pengambilan sumpah sebelumnya dilakukan pula oleh tiga Presiden AS sebelumnya: Franklin Delano Roosevelt, John Fitzgerald Kennedy, dan Jimmy Carter.

Pengambilan sumpah jabatan nanti akan dilakukan tepat jam 12:00 waktu AS dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan, John Roberts. Bersama Biden, Jill Biden selaku sang istri juga akan menyetuh Alkitab ini selama pengambilan sumpah berlangsung.

Baca Juga: Rachel Levine, Dokter Transgender yang Ditunjuk Joe Biden jadi Wakil Menteri Kesehatan AS

Biden telah menggunakan Alkitab berusia 127 tahun tersebut sejak dia pertama kali terpilih menjadi anggota Senat AS, yaitu pada 1973. 

Kala itu, Beau dan Hunter Biden selaku dua putranya, masih dalam masa pemulihan dari kecelakaan mobil yang merenggut nyawa istri dan putri pertama mereka. Acara pengambilan sumpah pun dilakukan di samping ranjang sang anak. Menteri Luar Negeri saat itu, Francis Valeo, menjadi pengambil sumpah.

Terhitung sejak itu Joe Biden telah menggunakan Alkitab keluarganya untuk enam upacara pengambilan sumpah sebagai senator AS, serta dua kali saat ia dilantik sebagai wakil presiden Presiden Barack Obama pada 2009 dan 2013.

Baca Juga: Pelantikan Joe Biden, Ini Gambaran Hubungan Bilateral Indonesia-Amerika di Bawah Pemerintahannya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x