Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Lahan Kosong, Warga Sukses Berkebun Melon

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 19:46 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV - Berawal dari kebingungan memperoleh pekerjaan setelah dirumahkan akibat pandemi COVID-19, Rahmadi Fitrianto mencoba beralih menjadi petani buah melon.

Awalnya ia memanfaatkan lahan kosong milik tetangganya di Kelurahan Benting Permai, Kota Bengkulu. Dilahan itu ia menanam buah melon, berbekal pengetahuan dan dukungan warga sekitar serta Personel Bhabinkamtibmas setempat.

Mendapat hasil yang cukup bagus, ia bersama warga sekitar kemudian membentuk kelompok tani milenial. Langkah kelompok tani ini mendapat banyak dukungan, salah satunya Pemkot Bengkulu yang meminjamkan lahan tidur untuk ditanami buah melon.

Dari lahan seluas 2,3 hektar, kelompok tani ini menanam 3 ribu batang varietas melon hijau dan kuning. Dengan kondisi cuaca bagus dan tanaman yang terjaga, diperkirakan hasil yang akan diperoleh mencapai 15 ton.

Dalam waktu dekat, buah melon kelompok tani milenial ini siap dipanen dengan harga jual 8 ribu rupiah perkilogram di tingkat petani. Omzet puluhan juta rupiah kini dapat dihasilkan kelompok tani milenial ini.

#PetaniMilenial #KebunMelon #BuahMelon #KotaBengkulu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x