Kompas TV entertainment lifestyle

Jam Tidur Berantakan? Simak Tips Ini Untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 18:22 WIB
jam-tidur-berantakan-simak-tips-ini-untuk-memperbaiki-kualitas-tidur
Ilustrasi Susah Tidur Meski Mata Sudah Mengantuk (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Memenuhi kebutuhan tidur 8 jam per hari penting untuk menjaga kondisi tubuh agar dapat beraktivitas dengan baik. Namun, terkadang setelah menjalankan rutinitas, kita tak bisa terlelap walau sudah mengantuk. Tak jarang, jam tidur menjadi berantakan dan menyebabkan kurang tidur.

Tidur kurang dari 8 jam per hari dapat menyebabkan tidak fokus sehingga sulit berkonsentrasi. Bahkan, kurang tidur juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Baca Juga: Sehat di Tengah Pandemi Covid-19: Bangun Tidur Kepala Sering Sakit, Gejala Apa Ya?

Dilansir dari Into The Light Indonesia, simak tips-tips berikut untuk memperbaiki kualitas tidur agar jam tidur kembali normal.

1. Beraktivitas seperti biasa

Meski berada di tengah pandemi mempengaruhi kebiasaan, jangan lupa untuk tetap melakukan kegiatan harian dan menjaga agar kegiatan tersebut tetap sesuai jadwal.

2. Hindari aktivitas lain di ranjang selain untuk tidur

Melakukan aktivitas lain seperti makan, nonton, dan bekerja di atas tempat tidur akan mengganggu ritme otak. Jika bekerja dari rumah, lakukan pekerjan di meja dan kursi yang nyaman.

Sementara itu untuk menjaga kualitas tidur, rapikan ranjang senyaman mungkin sebelum tidur, dan jangan lupa mengganti sprei secara rutin.

Baca Juga: Ini Masalah yang Bisa Terjadi Jika Anak Suka Tidur dengan Mulut Terbuka

3. Dapatkan cahaya yang cukup



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x