Kompas TV entertainment selebriti

YouTuber Mukbang Korea Dipecat dari Agensi China Usai Katakan Kimchi Makanan Korea

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 16:28 WIB
youtuber-mukbang-korea-dipecat-dari-agensi-china-usai-katakan-kimchi-makanan-korea
Hamzy, YouTuber Mukbang Korea yang dipecat dari agensi China-nya usai katakan kimchi adalah makanan Korea. (Sumber: YouTube/Hamzy)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – YouTuber Mukbang asal Korea, Hamzy, dikabarkan dipecat oleh agensi China-nya setelah mengatakan bahwa kimchi dan ssam adalah makanan Korea, Senin (18/1/2021).

Pemecatan tersebut terjadi setelah Hamzy mengunggah video mukbang di kanal YouTube-nya dengan judul “Real Mukbang :) Super Spicy Octopus Bibimbap ft. White Kimchi, Fried Eggs”.

Dilansir dari Allkpop, penonton menggelar perdebatan sengit di bagian kolom komentar lantaran Hamzi menekan tombol suka pada komentar warganet yang mengaku marah karena China mengklaim bahwa ssam merupakan makanan mereka.

Perdebatan tersebut berlanjut dan memuncak saat komentar tersebut salah diterjemahkan dan tersebar hingga ke warganet China. Warganet China pun menyebut bahwa Hamzy menghina orang-orang China.

Baca Juga: Ribuan Warga Korea Selatan Ikut Festival Kimchi

Agensi yang membantunya mengelola kanal Hamzy, yang kini telah memiliki 5,3 juta subscriber, di China telah meminta maaf, tapi sayangnya ia telah diberhentikan dari kontraknya pada 17 Januari 2021.

Pihak agensi mengatakan bahwa pemutusan kontrak kerja dengan Hamzy dilakukan secara resmi karena kontroversi yang menimbulkan dampak yang serius pada khalayak di China. Lebih lanjut lagi, agensi juga menyebut Hamzy telah mengecewakan penggemarnya di China dan merusak kepercayaannya dengan perusahaan.

Hamzy sendiri telah meminta maaf atas kesalahpahaman tersebut. Ia juga menolak untuk mempromosikan kimchi dengan mengatakan bahwa kimchi adalah makanan China.

“Jika saya harus mengatakan bahwa kimchi adalah makanan China untuk mempromosikannya di China, maka saya memilih untuk tidak mempromosikannya sama sekali di China. Saya harap warganet China memahami bahwa YouTuber atau selebriti China tidak perlu mengatakan makanan China adalah makanan Korea untuk mempromosikannya di Korea,” tegas Hamzy.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.