Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Sosialisasi Juklak Balitbang Hukum dan HAM

Rabu, 20 Januari 2021 | 16:28 WIB
kakanwil-kemenkumham-sulsel-ikuti-sosialisasi-juklak-balitbang-hukum-dan-ham
Kadiv Yankumham Anggoro Dasananto mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan seluruh kegiatan Balitbang Kumham (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto mengikuti Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Balitbang di Kantor Wilayah Tahun 2021. Acara yang bertempat di Kanwil Kemenkumham Sulsel ini diselenggarakan secara virtual oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM pada Rabu (20/01/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami. Dalam sambutannya, Sri Puguh mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kelitbangan perlu adanya sinkronisasi visi, misi, tujuan dan sasaran strategis Balitbang Kumham. 

“Balitbang Kumham merupakan sumber pemikiran Kementerian Hukum dan HAM yang sasaran programnya berupa dukungan manajemen terwujudnya perumusan kebijakan Kemenkumham berbasis Riset,” jelas Sri.

Kepala Balitbang Kumham juga menyampaikan ada 4 kegiatan kelitbangan di Kanwil, antara lain kajian terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham dalam pembentukan, penegakan dan layanan Hukum, melakukan monitoring atas hasil survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK)  dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), analisis atas permasalahan hukum dan HAM, dan sosialisasi hasil penelitian hukum dan HAM melalui diskusi dalam jaringan.

“Terkait beberapa kegiatan tersebut, kami meminta dukungan kepada semua Kanwil. Kolaborasi ini adalah bentuk kerjasama, interaksi, konfromi beberapa elemen terkait secara individu dan kelembagaan dari berbagai pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Semoga kunci pelaksanaan kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua,” tutup Kepala Balitbang dalam sambutannya.

Sementara itu, Kadiv Yankumham Anggoro Dasananto mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan seluruh kegiatan Balitbang Kumham. “Kami mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh Balitbang Kumham di tahun 2021 di Kanwil terkhusus di Sulsel,” ungkap Anggoro. 

Kepala Bidang HAM mengungkapkan di tahun 2020 lalu, dukungan secara maksimal juga telah dilakukan oleh Kanwil Sulsel. “Pada perumusan kebijakan Kemenkumham berbasis riset di Sulsel telah mencapai 100 persen dan telah menghasilkan 1 Buku. Hal ini sejalan dengan target dari indikator kinerja kegiatan kelitbangan Kanwil Kemenkumham Sulsel. Sedangkan untuk realisasi anggaran penyelenggaraan penelitian dan pengembangan Hukum dan HAM di wilayah mencapai 99,37 persen,” Kata Utary.

Penulis : KompasTV Makassar


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:36
PRESIDEN AS JOE BIDEN AKAN HUKUM PIHAK YANG DIDUGA MELANGGAR HAM TERKAIT KASUS PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI TEGASKAN PIHAKNYA BEKERJA SESUAI PROSEDUR HUKUM YANG BERLAKU DALAM OTT 6 ORANG DI SULSEL   WAKIL KETUA MPR SYARIEF HASAN MINTA PEMERINTAH TINJAU ULANG SOAL IZIN INVESTASI MIRAS    BKPM BERENCANA MENGAJAK MUI UNTUK BERKOORDINASI TERKAIT PENERBITAN IZIN INVESTASI MIRAS DI DAERAH    POLISI TANGKAP 12 TERDUGA TERORIS DI SEJUMLAH WILAYAH DI JAWA TIMUR TERKAIT JARINGAN JAMAAH ISLAMIYAH   KETUM PBNU SAID AQIL SIROJ MINTA PEMERINTAH INSTRUKSIKAN KEPADA PNS HINGGA PEGAWAI BUMN MEMBAYAR ZAKAT 2,5%    PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA JAJARAN NU BANTU PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MENGHADIRI HARLAH NAHDLATUL ULAMA (NU) KE-98 SECARA VIRTUAL   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT PROGRAM PETANI MILENIAL DIMULAI PERTENGAHAN MARET 2021   GUNUNG MERAPI ERUPSI KEMBALI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1 KM PADA SABTU MALAM    POLDA METRO KLAIM KAMPUNG TANGGUH DI PASEBAN, SENEN, JAKPUS, MAMPU TEKAN PENYEBARAN COVID-19    KEMENKES: VAKSINASI GOTONG ROYONG HANYA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ATAU BADAN USAHA KEPADA KARYAWAN   JUBIR VAKSINASI COVID-19 TEGASKAN TAK ADA MEKANISME VAKSINASI MANDIRI BAGI INDIVIDU ATAU BELI SECARA PERORANGAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN TARGETKAN 38 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSIN COVID-19 PADA AKHIR JUNI 2021