Kompas TV internasional kompas dunia

Jack Ma Akhirnya Muncul di Hadapan Publik Setelah Lama Menghilang

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 14:02 WIB
jack-ma-akhirnya-muncul-di-hadapan-publik-setelah-lama-menghilang
Pandiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma. (Sumber: businessweek)
Penulis : Eddward S Kennedy

TIONGKOK, KOMPAS.TV - Jack Ma akhirnya muncul di hadapan publik setelah berbulan-bulan dikabarkan menghilang. Pendiri Alibaba dan Ant Group itu hadir dalam acara tahunan yang ia selenggarakan untuk mengenali tenaga kependidikan di pedesaan pada Rabu (20/01/2021).

Melansir Bloomberg, pengusaha terkenal di Tiongkok itu berbicara kepada para guru melalui siaran langsung tentang bagaimana dia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan filantropis.

“Belakangan ini, saya dan rekan kerja saya belajar dan berpikir. Kami membuat resolusi yang lebih tegas untuk mengabdikan diri pada filantropi pendidikan,” ujar Ma dalam sesi yang berlangsung.

“Bekerja keras untuk revitalisasi pedesaan dan kemakmuran bersama adalah tanggung jawab generasi pengusaha kita,” lanjutnya.

Qingqing Chen, reporter kepala Global Times News, mencuit video Jack Ma sedang memberikan ceramah kepada guru pedesaan dalam acaranya.

“Ma, yang dulunya adalah seorang guru bahasa Inggris dan pendiri #Alibaba, juga memberikan harapan kepada guru desa melalui video pada hari Rabu, mengatakan biasanya kegiatan tersebut diadakan di Sanya, Hainan selatan tetapi tahun ini, karena #Covid19 dilakukan melalui konferensi video.” cuit lengkap Chen.

Pihak Ant mengonfirmasi keaslian video tersebut melalui email yang ditujukan kepada Bloomberg.

Meskipun belum diketahui keberadaannya, kemunculan Ma di forum publik dapat meredam desas-desus tentang nasibnya selama ini.

Ma hilang dari hadapan publik sejak awal November ketika regulator Tiongkok menggagalkan initial public offering (IPO) Ant Group senilai US$ 35 miliar.

Membuat pihak Tiongkok memperketat regulasi fintech, memerintahkan perombakan Ant dan meluncurkan penyelidikan anti-monopoli terhadap Alibaba yang dilakukan dalam rentang beberapa hari saja.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.