Kompas TV nasional breaking news

Kebijakan Calon Kapolri Soal Perbaikan Layanan dari Sikap, Perilaku, Hingga Pungli oleh Oknum Polri

Rabu, 20 Januari 2021 | 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Komjen Listyo Sigit menyampaikan beberapa program kebijakan seperti meningkatkan pelayanan agar dapat menjangkau seluruh kepentingan masyarakat.

"Ke depan kami akan meningkatkan sistim, sehingga hal-hal sifatnya memunculkan interaksi dan memunculkan penyalahgunaan wewenang kemudian akan kami perbaiki," kata Komjen Listyo, Rabu (20/1/2021).

Sambung Komjen Listyo, Polri akan membuat sebuah program yang dapat menciptakan keadilan seluruh lapisan dan golongan masyarakat atau justice for all.

Selain itu, Komjen Listyo juga menyampaikan terkait kinerja Polri yang masih menuai masukan, koreksi dan kritik dari berbagai pihak. Salah satunya adalah kinerja Polri yang akan menjadi perhatian serius.

"Seperti pelayanan Polri yang masih dirasakan sebagian masyarakat umum masih berbeli-belit. Ucapan, sikap, dan perilaku anggota yang arogan yang dirasakan masyarakat. Adanya pungli di sektor-sektor pelayanan, kebiasaan-kebiasaan suka cari-cari kesalahan dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah. Penanganan kasus yang terkesan tebang pilih," ujar Komjen Listyo.

Kendati demikian dari hasil survei, Komjen Listyo mengatakan tingkat kepercayaan Polri masih menempati posisi ke 3. Namun, pihaknya tetap terus mencoba melakukan peningkatan dan penyempurnaan.

Ia juga mengatakan ke depannya, Polri tak akan berhenti menjawab harapan masyarakat dalam posisi sebagai alat negara yang bertugas untuk menjaga keamanan dalam negeri.

Uji kelayakan akan digelar dua sesi yakni mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB pemaparan makalah. Lalu, dilanjutkan pada pukul 14.00-16.30 WIB sesi pendalaman dari Komisi III.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:42
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA PENYELENGGARAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN LIGA 2 DISIAPKAN SECARA MATANG   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO