Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pernyataan Lengkap Imigrasi Bali Deportasi Kristen Gray

Selasa, 19 Januari 2021 | 23:15 WIB

BALI, KOMPAS.TV - Pihak imigrasi Bali langsung melakukan pemeriksaan terhadap Kristen Gray, WNA yang mengajak WNA lainnya datang ke Bali di tengah pandemi Corona.

Pihak Imigrasi Bali memutuskan mendeportasi dan melarang Kristen Gray kembali ke Indonesia selama 6 bulan. Pendeportasian akan dilakukan secepatnya dan menunggu ketersediaan tiket langsung penerbangan menuju Amerika.

Kepala Kanwilkumham Bali menyebut Kristen Gray dianggap melanggar aturan keimigrasian yakni diduga telah menyebarkan informasi yang dianggap dapat meresahkan masyarakat dan diduga melakukan kegiatan bisnis melalui penjualan e-book dan pemasangan tarif konsultasi wisata bali.

"Tindak lanjut, WN Amerika atas nama Kristen Antoinette Gray dikenakan tindak pidana keimigrasian berupa pendeportasian atau pengusiran sebagaimana tersebut Pasal 75 ayat 1 dan ayat 2 huruf f UU 6/11 tentang Keimigrasian," kata Kakanwil Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, dalam jumpa pers di Denpasar, Selasa (19/1/2021).

Kristen Antoinette Gray seorang warga negara Amerika beberapa waktu menghebohkan dunia maya setelah ia menceritakan kisahnya pindah ke Bali pada masa pandemi Covid-19.

Ia memilih pindah ke Bali dengan alasan biaya hidup di bali yang murah, nyaman dan ramah bagi LGBTQ.

Ia juga menawarkan warga negara asing lainnya untuk pindah ke bali dan membantu merekomendasikan melalui agen perjalanan yang ia gunakan ke Bali dengan berbagai tarif melalui ebook dengan harga 30 dollar dan biaya konsultasi seharga 50 dollar selama 45 menit.

Kristen Gray masuk ke Indonesia bersama seorang rekannya yang bernama Sandra pada 21 Januari 2020 melalui Bandara Internasional I Gustingurah Rai dengan menggunakan visa kunjungan.

Ia juga sempat melakukan perpanjangan izin tinggal pada kantor imigrasi kelas I TPI Denpasar pada tanggal 22 Desember 2020 yang berlaku sampai dengan 24 Januari 2021.

Penulis : Sadryna Evanalia


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:27
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN