Kompas TV entertainment selebriti

Tuai Kontroversi, Ini Kata-Kata Nadin Amizah Soal Orang Miskin dan Kaya

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 14:12 WIB
tuai-kontroversi-ini-kata-kata-nadin-amizah-soal-orang-miskin-dan-kaya
Potret penyanyi Nadin Amizah (Sumber: Dok. Pribadi)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi Nadin Amizah baru-baru ini menuai pro kontra di kalangan warganet. Warganet ramai membicarakan ucapan Nadin yang dituduh menghina orang miskin pada Selasa (19/1/2021).

Ucapan itu keluar dari mulut Nadin ketika ia berbincang dengan Deddy Corbuzier dalam podcast Deddy yang tayang pada Rabu (13/1/2021). Nadin dan Deddy awalnya mengobrol soal Nadin lebih baik mencari suami kaya.

“Menurutku, saat seseorang itu miskin dalam artian miskin ekonomi, bukan miskin bahagia. Mereka tertekan secara ekonomi. Mereka bisa jadi ‘memproyeksikan’ diri malah ke hal-hal yang jadinya gak baik,” kata Nadin.

Perlu diketahui, projecting atau “memproyeksikan” adalah istilah psikologi yang merujuk tindakan bawah sadar seseorang menghadapi emosi dan sifat diri sendiri yang tak disukai. Orang itu bakal melihat orang lain memiliki sifat dan emosi yang tak disukai dari dirinya.

Misalnya, seseorang menjalin hubungan perselingkuhan. Ia pun merasa curiga justru pasangannya yang selingkuh.

“Kata bunda, jadilah orang kaya. Karena kalau kamu kaya, kamu lebih mudah jadi orang,” kata Nadin lagi. “Dan saat kita miskin, rasa benci kita terhadap dunia udah terlalu besar. Sampai kita tak punya waktu untuk baik ke orang lain.”

Deddy pun menyetujui perkataan Nadin sambil menyebut, orang miskin memang bisa jadi memiliki sifat iri.

Banyak warganet pun menyebut Nadin tak sensitif pada orang miskin. Mereka menyoroti kata-kata Nadin yang meyebut orang miskin bisa jadi lebih membenci orang lain.

Sementara, sebagian penggemarnya membela Nadin dan meminta warganet lain mendengar ucapannya baik-baik.

Nadin sendiri telah meminta maaf atas pemilihan kata-katanya yang dianggap menyinggung orang miskin.

Nadin Amizah adalah penyanyi kelahiran Mei 2000. Ia mulai terjun ke dunia industri musik pada 2016 dengan menjadi pemenang ketiga program Social Media Sensation di sebuah televisi swasta.

Pada 2017 kolaborasi dengan produser musik Dipha Barus melejitkan namanya. Lagu All Good hasil kolaborasi keduanya meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) untuk kategori lagu dance.

Ia juga meraih penghargaan pendatang baru terbaik dari AMI karena beberapa single lagunya pada 2019. Setahun setelahnya, ia merilis album debutnya berjudul “Selamat Ulang Tahun”.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x