Kompas TV entertainment selebriti

Meninggal Dunia, Ini Profil Junaedi Salat Aktor Ali Topan Anak Jalanan

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 12:53 WIB
meninggal-dunia-ini-profil-junaedi-salat-aktor-ali-topan-anak-jalanan
Junaedi Salat dalam poster film Ali Topan Anak Jalanan. Junaedi meninggal di RS PGI Cikini pada Senin (18/1/2021) (Sumber: Instagram/evryfilmmaker)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dunia film Indonesia kembali mendapat kabar duka. Aktor senior Junaedi Salat diketahui meninggal pada Senin (18/1/2021) pukul 20.09 WIB.

Pemeran film Ali Topan Anak Jalanan itu meninggal pada umur 70 tahun. Humas Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Evry Joe menyebut, Junaedi meninggal di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat.

“Junaedi Salat tutup usia. Selamat jalan sang aktor gagah yang melengenda. Terima kasih sudah menghibur kami. Dan semoga karya dan amal ibadahmu menjadi pahala yang mulia. Selamat Jalan Ali Topan,” tulis Evry di akun Instagram-nya.

Junaedi Salat lahir di Lampung pada 2 September 1950. Ia merantau ke ibukota untuk mengenyam bangku SMA.

Sambil bersekolah, ia bekerja mengurus gedung Taman Ismail Marzuki.

Seuatu ketika, aktris Rahayu Effendi menawarinya peran utama di film Aku Tak Berdosa. Junaedi menerima tawaran itu dan ia beradu peran dengan aktris Dewi Puspa.

Setelah itu, ia berperan di film Susana bersama Yenny Rachman.

Junaedi mencapai puncak karir setelah bermain di film Ali Topan Anak Jalanan yang sukses besar. Di film itu, ia berperan bersama Yati Octavia.

Film Ali Topan bercerita tentang remaja laki-laki pemberontak. Latar keluarganya yang bermasalah membuat Ali Topan lebih banyak menghabiskan waktu di jalan.

Suatu hari Ali mulai mengenal dekat gadis bernama Anna Karenina. Mereka pun berpacaran, meski orang tua Anna menentang hubungan mereka.

Cerita film ini berdasar novel karya Teguh Esha yang terinspirasi juga dari novel Anna Karenina karya sastrawan Rusia Leo Tolstoy.

Selain berkecimpung di dunia film, Junaedi juga sempat menciptakan banyak karya musik. Setidaknya, ia membuat dua album lagu.

Junaedi juga berduet dengan banyak musisi, seperti Chrisye, Gito Rollies, Guruh Soekarno Putra, Lydia Kandou, dan Ratna Juwita.

Junaedi kemudian menikahi seorang perempuan Batak dan berpindah agama. Ia sempat menjadi pendeta menjelang akhir hayatnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x