Kompas TV nasional sapa indonesia

Koordinasi Selalu Jadi Kendala, Komisi VIII Godok Revisi UU Penanggulangan Bencana

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 12:26 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah bencana non-alam covid-19 yang masih belum terkendali dan duka atas kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, bencana demi bencana menerpa Indonesia di awal tahun. 

Dari 1 Januari hingga 18 Januari ini, tercatat ada 154 kejadian bencana di tanah air. 

Bagaimana memastikan tanggap darurat mampu menyelamatkan, memulihkan dan memenuhi hak dasar korban bencana yang silih berganti?

Kita membahasnya bersama Sekretaris Ikatan Ahli Bencana sekaligus Deputi Pencegahan Bencana BNPB, Lilik Kurniawan, Anggota Komisi VIII DPR, yang membidangi masalah sosial, Maman Imanulhaq.

9 Januari, bencana longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang, dipicu oleh hujan deras.

Operasi pencarian oleh Tim SAR selama 10 hari terakhir, telah berhasil menemukan seluruh korban longsor yang tertimbun, sebanyak 40 jenazah.

Berbarengan dengan bencana longsor di Sumedang, terjadi pula banjir yang melanda sejumlah wilayah Kota dan Kabupaten di Kalimantan Selatan.

Banjir yang meluas di Kalimantan Selatan, mengakibatkan puluhan ribu warga terdampak, ribuan rumah dan fasilitas umum terendam banjir, dan sejumlak akses jalan dan jembatan terputus.

Hanya berselang sepekan, 16 Januari 2021, banjir dan tanah longsor yang dipicu cuaca ekstrem terjadi di Manado, Sulawesi Utara.

Sedikitnya enam orang meninggal dunia akibat longsor di wilayah Manado.

Bencana besar kembali terjadi. Gempa bermagnitudo 5,9 dan bermagnitudo 6,2 menggguncang wilayah Sulawesi Barat dua hari berturut-turut, pada 14 dan 15 januari 2021.

Terhitung senin 18 januari, BNPB mencatat 84 orang meninggal dunia.

Ancaman bencana belum berhenti melanda tanah air.

Ribuan jiwa terancam bahaya oleh potensi bencana akibat kenaikan aktivitas vulkanik sejumlah gunung berapi.

Gunung semeru di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur, mengalami erupsi sabtu (16/01) sore. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.