Kompas TV nasional peristiwa

Tito Karnavian: Pribadi Santun, Komjen Listyo Sigit Layak jadi Kapolri

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 09:52 WIB
tito-karnavian-pribadi-santun-komjen-listyo-sigit-layak-jadi-kapolri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian saat dengar pendapat dengan DPR RI. (Sumber: Divisi Humas Polri)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian menyebut sosok Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo layak menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal pensiun mulai 31 Januari 2021 ini. 

Hal ini bukannya tanpa alasan. Sebab, mengingat, sejumlah torehan prestasi diraih oleh Listyo Sigit ketika menjabat Kabareskrim. 

"Saya kira dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi beliau yang saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul," tutur Tito dalam dilansir dari rilis media Divisi Humas Polri. 

Baca Juga: Jadi Calon Kapolri, Ini Cerita Guru Listyo Sigit Prabowo saat Sekolah di SMA N 8 Yogyakarta

Tito pun menilai, meskipun Listyo Sigit masih tergolong usia muda, tetapi sudah memiliki pengalaman yang matang seperti di teritorial, pengalaman di staff yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang reserse. 

"Termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik," imbuh Tito.

Tito yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Senin pagi (18/1/2021) menerima kunjungan dari calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di kediamannya. 

Kunjungan calon Kapolri ke mantan Kapolri sendiri merupakan tradisi yang dilakukan ketika menjelang pergantian pucuk pimpinan Korps Bhayangkara. 

Baca Juga: Ada Bocoran, dengan Cara Ini Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Kapolri

"Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 08.00 lewat dikit, dengan ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu. itu memang tradisi, kita menghormati senior, saya juga sering begitu dulu. Sama tadi pagi juga, prinsipnya Pak Sigit ingin meminta masukan-masukan. Dan saya juga meminta masukan-masukan," papar Tito. 

Tito pun mengungkapkan, dalam silahturahmi kedua Jenderal tersebut, dia menyampaikan pesan soal membuat internal Polri tetap solid satu sama lain.

"Oh ya diantaranya bagaimana untuk membuat soliditas internal, ya karena Pak Sigit sama dengan saya, banyak senior di atas. Tapi kiat-kiat seperti itu saya kira cukup Pak Sigit dan saya yang tahu," ujar Tito. 

Baca Juga: PP Pemuda Muhammadiyah Minta DPR Bedah Tuntas Visi Misi Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Selain itu, Tito menyebut, mereka juga membicarakan soal penguatan soft approach dengan jajaran Binmas. Kemudian disamping kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas. 

"Itu juga soft approach yang lain, dengan kegiatan Binmas terutama," ucap Tito.

Pada Selasa (19/1/2021) ini, Listyo Sigit akan kembali menjalani rangkaian fit and proper test di depan Komisi III DPR RI. Agenda hari ini rencananya akan terbagi dalam dua sesi yaitu pada pagi hari dan siang hari. 

Sebelumnya, kemarin mantan Kapolda Banten dan Kapolresta Solo itu sudah menjalani uji kepatutan tahap pertama dengan materi pembuatan makalah selama 1-2 jam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x