Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Akhiri Pembatasan Perjalanan Dari Eropa

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 08:46 WIB
trump-akhiri-pembatasan-perjalanan-dari-eropa
Dalam foto dokumentasi 20 Desember 2020 ini, penumpang berbaris untuk check-in di Bandara Gatwick di West Sussex, Inggris. Amerika Serikat akan mewajibkan penumpang maskapai dari Inggris untuk menunjukkan hasil negatif Covid-19 sebelum terbang ke wilayah AS. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencabut pembatasan perjalanan pandemi dari Eropa dan Brasil. Namun ia tetap memberlakukan pembatasan perjalanan dari China dan Iran.

Sebelumnya, Trump memberlakukan pembatasan perjalanan ini di awal masa pandemi untuk memperlambat penyebaran virus corona kepada warga AS.

Mereka mencegah sebagian besar orang tanpa kewarganegaraan atau tempat tinggal di AS, untuk menuju negara Paman Sam dari wilayah yang terkena dampak Covid-19.

Baca Juga: Jerman Memperketat Aturan Pembatasan Sosial Selama Libur Akhir Tahun

Seperti dikutip dari Associated Press, pembatasan ini akan berakhir pada 26 Januari mendatang, ketika persyaratan dari Pusat Pengendalian Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) yang baru berlaku.

Dalam aturan CDC yang baru, semua pendatang internasional ke AS harus menyerahkan bukti hasil tes virus negatif dalam waktu maksimal tiga hari sebelum terbang ke AS.

Baca Juga: Belanda Melonggarkan Aturan Pembatasan Sosial

Trump mengatakan dia tetap mempertahankan aturan pembatasan kepada China dan Iran karena kedua negara ini dianggap kurang transparan dan kurangnya kerja sama dengan AS dalam memerangi pandemi Covid-19.

Sedangkan Presiden AS terpilih Joe Biden belum menjelaskan bagaimana kebijakan dalam masa kepemimpinannya, dalam menangani pembatasan perjalanan internasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x