Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Kutuk Intimidasi Udara yang Dilakukan AS di Wilayahnya

Selasa, 19 Januari 2021 | 08:14 WIB
iran-kutuk-intimidasi-udara-yang-dilakukan-as-di-wilayahnya
Foto dokumentasi pesawat bomber B-52H Stratofortress, yang secara informal dikenal sebagai “Big Ugly Fat Fellow” atau berarti kawan gemuk yang jelek. AS mengirimkan pesawat bomber ini ke Iran untuk unjuk kekuatan. (Sumber: Associated Press)

TEHRAN, KOMPAS.TV – Pesawat pembom B-52 milik Amerika Serikat (AS) terbang di atas Timur Tengah, Minggu (17/1/2021). Komando Pusat AS menyatakan bahwa patroli ini diterbangkan sebagai bagian penting dari postur pertahanan AS.

Sebelumnya, analis keamanan telah memperingatkan bahwa Presiden AS Donald Trump dapat mengambil tindakan militer terhadap Iran di hari-hari terakhirnya menjabat.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengutuk intimidasi AS ini dan menyebut bahwa AS lebih baik menghabiskan anggarannya untuk dialokasikan pada kesehatan warga AS, daripada untuk melakukan intimidasi kepada negara lain.

"Meskipun kami belum memulai perang selama lebih dari 200 tahun, kami tidak akan malu untuk menghancurkan para penyerang," kata Zarif dalam akun Twitter-nya.

Baca Juga: Unjuk Kekuatan, Amerika Serikat Kirim Pesawat Bomber ke Iran

Penerbangan melintasi Timur Tengah oleh AS yang terbaru, mampu membawa hingga 32.000 kg senjata, termasuk bom nuklir. Penerbangan ini terjadi hanya satu hari setelah Korps Pengawal Revolusi Islam menguji rudal dan drone jarak jauh terhadap target darat dan laut di Iran. Aksi ini merupakan unjuk kekuatan militer skala besar yang keempat dalam dua minggu terakhir.

Sedangkan penerbangan B-52 yang dilakukan AS merupakan yang kelima dalam beberapa pekan terakhir dan Komando Pusat AS mengatakan awak pesawat berhasil menyelesaikan misinya.

Penulis : Tussie Ayu




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:28
KBRI YANGON SIAGA II SEIRING MENINGKATNYA AKSI KEKERASAN DI MYANMAR   LEBIH DARI 18.000 GEMPA BUMI TELAH MENGGUNCANG DI WILAYAH BARAT DAYA ISLANDIA DALAM SEPEKAN TERAKHIR   ARAB SAUDI HANCURKAN "DRONE" BERSENJATA KIRIMAN PEMBERONTAK HOUTHI   SEBANYAK 900 PEDAGANG DARI 5 PASAR TRADISIONAL DI MAGELANG SIAP DIVKASIN   PEDAGANG PASAR INDUK KRAMATJATI, JAKTIM, TUNGGU KEPASTIAN JADWAL VAKSINASI COVID-19   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA   WAGUB RIAU EDY NATAR NASUTION SEBUT KEBAKARAN HUTAN DIDUGA ULAH BANDAR NARKOBA   WALI KOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA ORANGTUA KAWAL ANAK SAAT SEKOLAH DIBUKA KEMBALI JULI 2021   WALI KOTA TANGERANG ARIEF R WISMANSYAH BELUM YAKIN WILAYAHNYA DAPAT MENGGELAR PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JULI 2021   KEMENKES TELAH MELAKUKAN "TRACING" KONTAK ERAT PASIEN KORONA B117 DI BREBES, JATENG   DINSOS DKI: BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) UNTUK WARGA TERDAMPAK COVID-19 CAIR PADA MINGGU KEDUA MARET 2021   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN LAKUKAN SWASTANISASI BUMN YANG PENDAPATANNYA DI BAWAH RP 50 M   SBY SEBUT YANG DILAKUKAN MOELDOKO DALAM KUDETA PARTAI DEMOKRAT MERUPAKAN TINDAKAN YANG JAUH DARI SIKAP KESATRIA   SBY SEBUT MOELDOKO TEGA DAN BERDARAH DINGIN MELAKUKAN KUDETA TERHADAP PARTAI DEMOKRAT