Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Induk ke Tiga China akan Meluncur Tahun ini

Kompas.tv - 19 Januari 2021, 00:42 WIB
kapal-induk-ke-tiga-china-akan-meluncur-tahun-ini
Kapal Induk China type 002 Shandong yang mulai bertugas tahun 2019. Kapal induk ketiga China, type 003, berbobot 80,000 ton, bakal meluncur pada tahun ini, dan bergabung dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di 2025 mendatang, demikian dilansir kontan.co.id dari laporan yang terbit di Ordnance Industry Science Technology, Senin (19/01/2021) (Sumber: Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS TV - Kapal induk ketiga China bakal meluncur pada tahun ini, dan bergabung dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di 2025 mendatang, demikian dilansir kontan.co.id dari laporan yang terbit di Ordnance Industry Science Technology, Senin (19/01/2021)

 

Ordnance Industry Science Technology menyebutkan, Type 003 lebih besar dari kapal induk kedua China, Shandong, dan memiliki ukuran yang mirip dengan kelas Kitty Hawk milik Amerika Serikat (AS) berbobot lebih dari 80.000 ton. 

Kapal induk baru China itu rencananya dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik untuk meluncurkan pesawat, menggantikan metode lompat ski yang digunakan pada kapal induk China saat ini.

Baca Juga: Hanya Dalam 5 Hari China Bangun 1.500 Kamar Rumah Sakit Untuk Isolasi Medis Covid-19

Menurut foto terbaru, lambung kapal induk Type 003 sedang menjalani perakitan di Shanghai. Dan, garis besar kapal induk sudah bisa teridentifikasi. 

Setelah semua blok disatukan, struktur atas kapal induk akan dipasang. Karena blok dibangun terlebih dahulu, perakitan dan pekerjaan perlengkapan akan memakan waktu jauh lebih cepat dibanding kapal induk kedua China.

Melihat perkembangan saat ini, Ordnance Industry Science Technology memperkirakan, kapal induk Type 003 akan meluncur beberapa bulan lagi, sebelum akhir 2021.

Setelah itu, kapal induk bakal dipasang dengan peralatan termasuk radar dan perangkat sensor. Kemudian, melakukan tes dan memulai uji coba laut yang bisa memakan waktu sekitar dua tahun.

Baca Juga: Armada Kapal Induk China Bergerak Ke Laut China Selatan

"Yang berarti, kapal perang tersebut dapat bergabung dengan layanan angkatan laut pada 2024 atau 2025," sebut Ordnance Industry Science Technology seperti dikutip Global Times.

Lembaga penyiar publik China China Central Television (CCTV) juga melaporkan, kapal induk ketiga China akan melakukan debut publiknya pada 2021.

Dalam laporannya, CCTV menunjukkan apa yang tampak seperti kapal induk yang ditutupi oleh selimut merah dalam citra yang dihasilkan komputer, dengan tulisan "Kami berharap pada 2021".

Song Zhongping, ahli militer China, mengatakan kepada Global Times, pembangunan blok sudah selesai dan yang tersisa hanyalah penyelesaian perakitan di dermaga.

"2021 adalah tahun yang penuh ekspektasi, termasuk kapal induk Type 003 dan juga pembom H-20. Sudah saatnya perkembangan teknologi kita membuahkan hasil," kata Song.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.