Kompas TV internasional kompas dunia

Panjang Umur! Kota Rugao di China Catat Rekor Jumlah Penduduk Berusia di Atas 100 Tahun

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 23:09 WIB
panjang-umur-kota-rugao-di-china-catat-rekor-jumlah-penduduk-berusia-di-atas-100-tahun
Zhang Tianshi warga kota Rugao tampak tertawa saat melihat gambar kartun dirinya pada 29 Oktober 2006. Per 1 Januari 2021, kota itu memiliki 16 centenarian berusia 105 tahun ke atas dari total populasi sekitar 1,4 juta jiwa, dengan yang tertua berusia 109 tahun, kata Biro Urusan Sipil Rugao. (Sumber: (Xinhua/He Jianrong))
Penulis : Edwin Shri Bimo

NANJING, KOMPAS.TV - Rugao, sebuah kota di Provinsi Jiangsu, China timur, yang terkenal karena usia panjang penduduknya, mencatatkan rekor saat ini memiliki 525 centenarian atau orang yang berusia 100 tahun ke atas, menurut otoritas setempat seperti dilansir Xinhua.

Per 1 Januari 2021, kota itu memiliki 16 centenarian berusia 105 tahun ke atas dari total populasi sekitar 1,4 juta jiwa, dengan yang tertua berusia 109 tahun, kata Biro Urusan Sipil Rugao.

Kebiasaan makan dan tidur yang sehat, serta lingkungan yang kondusif diyakini berkontribusi pada usia panjang penduduk di kota tersebut.

Baca Juga: Presiden China Mendorong Starbucks untuk Memperkuat Hubungan Tiongkok-Amerika Serikat

Otoritas Rugao sangat mementingkan layanan perawatan warga lanjut usia (lansia). Dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya juga berupaya meningkatkan fasilitas perawatan berbasis rumah dan komunitas di kota itu bagi para lansia.

China mencatatkan peningkatan angka harapan hidup rata-rata penduduk dalam beberapa tahun terakhir, yakni dari 76,34 tahun pada 2015 menjadi 77,3 tahun pada 2019, menurut data statistik dari Komisi Kesehatan Nasional China.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.