Kompas TV regional sosial

Imigrasi Bali Cari Kristen Gray

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 23:02 WIB
imigrasi-bali-cari-kristen-gray
Warga Amerika dengan nama alias Kristen Gray yang ajak turis asing masuk Bali secara ilegal. (Sumber: Twitter/@kristentootie)

DENPASAR, KOMPAS.TV - Divisi Keimigrasian Kemenkumham Provinsi Bali menurunkan tim untuk mencari keberadaan Kristen Gray, seorang wisatawan yang membuat geger di dunia maya.

Kemenkumham sendiri sebelumnya telah melakukan pengecekan di sistem Imigrasi, namun tidak menemukan warga negara asal Amerika Serikat itu.

"Sejauh ini kami cek di data perlintasan, belum mendapatkan nama Kristen Gray," kata Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto saat ditemui di kantornya, Senin (18/1/2021), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Viral, Warga Amerika Bernama Kristen Gray Ajak Masuk Bali secara Ilegal

Namun, kata Eko, pihaknya telah mendapatkan informasi alamat dan agen atau sponsor penjamin keberadaan Grey di Indonesia.

"Kami sudah menurunkan beberapa tim. Tim melakukan pengecekan terhadap sponsor yang bersangkutan, dan alamatnya benar di Bali," tuturnya.

Eko menduga Kristen Gray tinggal di Nusa Dua.Jika telah ditemui, pihak Imigrasi akan memeriksa izin tinggal Gray di Indonesia.

Pihak Imigrasi akan mengambil tindakan jika Kristen Gray melakukan pelanggaran imigrasi. "(Nanti kami cek dokumen imigrasinya," kata Eko.

Kristen Gray mendadak viral di dunia maya setelah unggahannya di Twitter. Melalui akun Twitter miliknya, @kristentootie, Gray mengunggah pengalamannya pindah di Bali.

Baca Juga: 105 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Bali Melalui Bandara Ngurah Rai

Pengalamannya itu dijualnya dalam bentuk ebook berjudul "Our Bali Life is Your" seharga USD30.

Dalam ebook tersebut dia membagikan pengalamannya pindah ke Bali. Keputusan itu diambilnya setelah dia kehilangan pekerjaannya pada tahun lalu.

Kini dia tak bisa kembali ke Amerika Serikat karena pandemi Covid-19.

Meski begitu, dia mengatakan, tinggal di Bali sangatlah murah dibandingkan dengan tinggal di Amerika. Selain itu dia pun membagikan banyak hal keuntungan tinggal di Bali.

Gray bahkan mengajak warga negara lain datang ke Bali. Dia akan memberi tahu cara ilegal untuk memasuki dan tinggal di Bali.

Baca Juga: Wisatawan Tertib Surat Edaran Gubernur Bali

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.