Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK Berkreasi Buat Minuman Herbal Jahe Merah

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Memanfaatkan jahe merah yang dipercaya menambah imunitas di masa pandemi Covid-19, puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, berinisiatif membuat minuman herbal jahe merah yang dipasarkan di masyarakat.

Sebanyak 30 siswa SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan memproduksi minuman herbal jahe merah. Setiap hari para siswa dan siswi kelas 11 membuat minuman herbal yang dikemas dan diberi nama mussi jahe merah. Semenjak pandemi Covid-19, herbal jahe merah ini ramai dipesan, baik penjualan secara daring maupun laris saat berjualan di car free day alun-alun Pekalongan.

Minuman jahe merah merupakan minuman herbal tradisional yang bisa menghangatkan tubuh, melawan flu dan pilek, mengurangi mual dan membantu pencernaan. Cara pembuatannya minuman herbal ini tergolong mudah, jahe merah dicuci bersih dengan air mengalir kemudian dipotong tipis-tipis. Setelah itu diblender dan diperas diambil sarinya. 

Sari jahe merah tersebut dimasak dengan gula aren hingga kering dan menjadi serbuk. Setelah kering dan menjadi serbuk, minuman herbal ini dikemas dalam plastik secara manual oleh siswa SMK Muhammadiyah Kesesi. Pihak sekolah mengaku membuka peluang usaha untuk para siswa agar mempunyai penghasilan tambahan terutama di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga melatih para siswa agar bisa berwirausaha ketika kelak lulus sekolah.
 
Minuman herbal jahe merah ini sudah memiliki izin edar dari Dinas Kesehatan. Agar lebih nikmat, minuman herbal ini juga bisa ditambahkan susu dalam penyajiannya. Satu kemasan minuman jahe merah dengan berat 160 gram ditawarkan 15 ribu rupiah. 

 

#JaheMerah #MinumanHerbal #SMKMuhammadiyah
 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.