Kompas TV regional berita daerah

PMI Sukabumi Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Potensi Gempa Bumi

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 16:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV- PMI Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar simulasi evakuasi mandiri untuk masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan potensi gempa bumi, bertempat di Lapangan Garuda, Baros Sukabumi. Kegiatan ini merupakan panduan SOP evakuasi mandiri untuk Kelurahan dengan peran tugas pokok dan fungsi masing masing komponen di Kelurahan pada saat terjadi bencana gempa bumi. Dalam skenario penempatan pengungsian juga ada standar pedoman, serta protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Simulasi ini nantinya para pihak yang terlibat di Kelurahan bisa saling berkoordinasi mengerti akan tupoksi, sesuai dengan SOP yang dibuat. Serta mampu memobilisasi dan memberdayakan kapasitas masyarakat dalam hal tanggap darurat bencana. Kegiatan diikuti unsur muspika Puskesmas relawan masyarkat serta PMI Provinsi Jabar dan BPBD Kota Sukabumi.

Dalam panduan sop penanganan evakuasi mandiri ini tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti penerapan  menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kebersihan diri dan memisahkan orang sehat dengan orang bergejala Covid-19 saat melakukan evakuasi. Dalam kegiatan ini mendapatkan dukungan dari PMI pusat,  Palang Merah Amerika, (AMCROSS) DAN USAID.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x