Kompas TV video cerita indonesia

Pesan Jokowi Untuk Kerja Sama Investor Besar dan UMKM

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 12:07 WIB
Penulis : Yuilyana

BOGOR, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo meminta pengusaha besar dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM saling bermitra.

Presiden memuji penandatanganan komitmen kerja sama antara usaha besar dan UMKM bernilai investasi Rp 1,5 triliun sebagai langkah yang baik.

Digelar badan koordinasi penanaman modal atau BPKM ada sebanyak 56 perusahaan besar dari luar dan dalam negeri resmi menggandeng 196 pelaku UMKM lokal. 

Presiden Jokowi pun berpesan agar kontrak kerja antara UMKM dan usaha besar ini harus berlangsung secara berkelanjutan tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. 

Jokowi juga berharap UMKM harus terus belajar meningkatkan kualitas. 

“Kemasannya, semuanya diperbaiki. Dan agar bisa manfaatkan kerja sama dan kolaborasi dengan usaha besar  untuk bisa menaikkan level kelasnya. Pelan-pelan, syukur bisa cepat,” kata Jokowi, Senin (18/1/2021).

Jokowi menekankan kerja sama ini harus mengedepankan prinsip saling menguntungkan antara usaha besar dan UMKM.

"Dan yang perlu akan terus saya lihat, usaha besar tidak boleh hanya mementingkan dirinya sendiri tolong dilihat lingkungannya, ada usaha menengah, usaha kecil, usaha mikro libatkan dalam kegiatan perusahaan-usaha sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik levelnya," jelasnya.

Presiden Jokowi berjanji pemerintah akan terus berupaya serta membangun ekosistem yang kondusif. 

Sehingga kolaborasi usaha besar dan UMKM dapat menguntungkan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x