Kompas TV regional berita daerah

Petani Di Pekalongan Temukan Ribuan Keping Koin Kuno

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 11:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang petani di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah menemukan ribuan keping uang kuno dan bokor perunggu saat mencangkul di sawahnya. Kepingan koin kuno ini bertuliskan mirip huruf Cina. 
 
Dahri Rohmanto, warga Desa Windurojo, Kesesi, Kabupaten Pekalongan menemukan 1997 keping koin kuno yang berbahan perunggu. Penemuan itu terjadi pada 14 Desember 2020 di blok persawahan Kraminan, masih berada di dusun yang sama dengan tempat tinggalnya. Saat Dahri mencangkul sawah, tiba-tiba mengenai bokor atau sejenis gerabah yang sudah pecah, setelah dilihat, ternyata koin kuno seberat 6 kilogram. 

Koin-koin tersebut bentuknya tipis dan berlubang di bagian tengahnya, serta terdapat tulisan mirip huruf Cina. Kondisi koin-koin itu terikat pada seuntai tali yang putus saat diangkat oleh Dahri. Petugas dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pekalongan sempat mendatangi rumah Dahri. Mereka menduga koin kuno yang ditemukan berasal dari abad 14 masehi yaitu kepingan perunggu yang merupakan alat pembayaran. 
 

#KoinKuno #KepinganPerunggu #BadanPelestarianCagarBudaya


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x