Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kisah Penyelam Mencari Black Box Sriwijaya Air

Senin, 18 Januari 2021 | 01:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hampir sepuluh hari semenjak pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Kisah ini menyisakan luka yang mendalam bagi para keluarga korban.

Pasca tragedi tersebut, sederet otoritas berupaya melakukan pencarian korban, puing-puing pesawat hingga black box.

Berhari-hari mereka mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan misi tersebut. 

Beragam halangan dan rintangan yang dihadapi.

Kapten Eko Prihartanto, Komandan Detasemen I Kopaska ini bertugas mempimpin proses penyelaman demi pencarian korban, puing-puing pesawat hingga black box.

Tak jarang ia dihampiri rasa capek dan lelah. Tak hanya itu, mereka juga harus rela jauh dari keluarga saat bertugas. Meski demikian, ia mengaku bangga menjalani tugas tersebut.

“Sukanya ini suatu kehormatan bagi kami sebagai prajurit pasukan katak karena dipercaya membantu saudara kita yg terkena musibah. Kalau jauh dari keluarga gak jadi masalah karena sudah jadi kewajiban”, pungkasnya.

Baca Juga: Update Pencarian CVR Bagian Black Box dari Sriwijaya Air SJ-182, Ini Kata Basarnas

Sementara itu, Kelasi Septian Wahyu Prananda memiliki kisah lain.

Penyelam Dislambair ini berencana akan menikah pada Februari 2021 ini.

Namun, musibah naas ini membuatnya tak dapat menghadiri proses lamaran.

“Mungkin juga kena SAR ini kebetulan saya juga gak bisa datang. Kemarin itu (lamaran)  diwakilkan oleh saudara dari ibu.

Eko dan Kelasi adalah dua dari sekian banyak kisah pengorbanan prajurit saat mencari korban, puing-puing pesawat dan black box Sriwijaya Air SJ 182.

Mereka berharap, agar pencarian black box, korban dan puing-puing segera dapat selesai, agar keluarga korban pun mendapat kepastian yang jelas.

Penulis : Abdur Rahim




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:34
MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: KEMISKINAN DI TANAH AIR HARUS SEGERA DITANGANI UNTUK ATASI MASALAH "STUNTING"   KEMENTERIAN PPPA SEBUT PENURUNAN ANGKA "STUNTING" MENCEGAH TERJADINYA PERKAWINAN ANAK   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA PEMPROV JAWA TIMUR SEGERA PENUHI FASILITAS YANG DIBUTUHKAN DI KAWASAN INDUSTRI HALAL   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP PEMPROV JAWA TIMUR AKTIF MEMPROMOSIKAN KAWASAN INDUSTRI HALAL DI SIDOARJO   INDONESIA DAN SINGAPURA MEMBANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   KPK SELIDIKI KASUS DUGAAN SUAP TERKAIT PAJAK DI DJP KEMENKEU YANG DIDUGA CAPAI PULUHAN MILIAR RUPIAH   KEJAGUNG PERIKSA TIGA SAKSI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PENGELOLAAN KEUANGAN & DANA INVESTASI DI BPJS KETENAGAKERJAAN   KPK SEBUT PENGGANTI POSISI DEWAN PENGAWAS YANG DITINGGALKAN ARTIDJO ALKOSTAR AKAN DITENTUKAN PRESIDEN JOKOWI   KEJAKSAAN AGUNG PERIKSA TUJUH ORANG SAKSI TERKAIT PERKARA DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   HARI INI, MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BAGI ULAMA, PIMPINAN, DAN PENGURUS MUI   SATGAS: SAAT INI SEJUMLAH DAERAH DI PULAU JAWA DAN BALI SEDANG MELAKUKAN PROSES INTEGRASI DATA COVID-19   SATGAS COVID-19 AKAN EVALUASI DAN PANTAU PENJAGAAN DI PINTU MASUK INDONESIA, MENYUSUL MUTASI VIRUS KORONA B.1.1.7   HINGGA 3 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.621 ORANG   DINKES DKI SEBUT HINGGA SAAT INI, 63 PERSEN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TELAH TERISI