Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Umumkan Penemuan Besar Situs Arkeologi Saqqara, Apa Isinya?

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 23:59 WIB
mesir-umumkan-penemuan-besar-situs-arkeologi-saqqara-apa-isinya
Sarkofagus yang ditemukan di Saqqara, Mesir, dan diumumkan pemerintah Mesir Sabtu lalu, 16 Januari 2021 (Sumber: AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

KAIRO, KOMPAS.TV - Mesir mengumumkan penemuan harta karun baru di situs Saqqara, sebelah selatan Kairo pada Sabtu (16/01/2021). 

Termasuk di antara temuan itu adalah kuil pemakaman kuno. Kementerian Pariwisata dan Barang Antik Mesir mengatakan, tim arkeolog Mesir mendapat temuan besar yang termasuk lebih dari 50 sarkofagus.

Salah satu yang ditemukan adalah sebuah sarkofagus berusia 3,000 tahun, sebuah penemuan yang dikatakan Ketua Tim Arkeolog Mesir, Zahi Hawass, "akan menulis ulang sejarah,"

Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (16/01/2021), Sarkofagus kayu itu ditemukan di 52 titik pemakaman pada kedalaman 10 hingga 12 meter.

Ketua Tim Arkeolog Mesir Zahi Hawass menyebutkan, di situs itu ditemukan kuil pemakaman Ratu Naert, istri Raja Teti serta tiga gudang dari batu bata juga ditemukan di situs tersebut.

Baca Juga: Segel Mesir Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Tokat, Turki

Salah satu sarkofagus kayu yang ditemukan di Saqqara, Mesir (Sumber: AFP)

Saqqara adalah situs kuburan luas di ibu kota Mesir kuno Memphis dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Dalam situs itu, terdapat lebih dari selusin piramida, kuil kuno, dan situs pemakaman hewan.

Pada November 2020, Mesir mengumumkan penemuan lebih dari 100 sarkofagus utuh, yang menjadi penemuan terbesar Mesir tahun lalu.

Peti mati kayu yang ditemukan saat itu, berasal dari lebih dari 2.500 tahun dan milik pejabat tinggi dari Periode Akhir dan periode Ptolemeus Mesir Kuno.

Saat itu, Menteri Purbakala dan Pariwisata Khaled al-Anani meramalkan isi Saqqara belum semuanya terungkap.

Baca Juga: Mesir Pamerkan Penemuan Peti Mati Berisi Mumi di Pekuburan Firaun, Usianya 2.500 Tahun

Sebuah sarkofagus kayu yang dihiasi dipajang selama pengumuman resmi penemuan oleh misi arkeologi Mesir dari harta karun baru di pekuburan Saqqara Mesir selatan Kairo, pada 17 Januari 2021. (Sumber: Khaled DESOUKI/AFP)

"Penemuan ini menulis ulang sejarah Saqqara dan lebih khusus lagi sejarah Kerajaan Baru, yang dimulai 3.000 tahun lalu," kata Hawass kepada AFP, Minggu.

Hawass juga mengatakan timnya telah menemukan total 22 terowongan.

"Salah satu peti mati milik seorang tentara. Kami menemukan kapak yang dia gunakan untuk bertempur," kata Hawass.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x