Kompas TV nasional peristiwa

Keluar dari 10 Besar Kota Termacet Dunia, Jakarta Kini Peringkat Berapa?

Minggu, 17 Januari 2021 | 15:04 WIB
keluar-dari-10-besar-kota-termacet-dunia-jakarta-kini-peringkat-berapa
Ilustrasi kemacetan, mobil di jalan, aturan ganjil genap (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - DKI Jakarta saat ini keluar dari 10 kota paling macet di dunia. Tak hanya DKI Jakarta, tercatat 386 kota dari 416 kota dunia lainnya juga mengalami penurunan kemacetan lalu lintas. Ini terjadi lantaran berbagai negara menerapkan pembatasan sosial hingga lockdown. 

Perusahaan pembuat perangkat GPS dan sistem lalu lintas dunia asal Amsterdam, Tom Tom, menunjukkan DKI Jakarta kini berada di peringkat 31 dunia.

Hal tersebut berdasarkan unggahan Pemprov DKI Jakarta dalam akun Instagram @dkijakarta pada Minggu (17/1/2021).

"Menurut TomTom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini, Jakarta berada di posisi ke 31 dari total 416 kota lain, yang berarti kemacetan semakin berkurang," tulis unggahan tersebut.

DKI Jakarta mengalami penurunan kemacetan 17 persen dibandingkan tahun 2019. Tahun ini, tingkat kemacetan DKI Jakarta 36 persen. Tahun lalu, kemacetan di Ibu Kota mencapai 53 persen dan berada di peringkat 10 kota termacet.

Sepanjang 2020, Februari menjadi bulan terpadat untuk DKI, yakni 61 persen. Setelah itu, pada April, kepadatan DKI langsung turun drastis menjadi 11 persen. 

Ini dikarenakan Pemprov DKI mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menerapkan kebijakan sekolah dan bekerja di rumah. 

Penulis : Dian Septina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:03
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA HARI INI   JAKSA SEBUT NURHADI & REZKY TERBUKTI TERIMA SUAP RP 45,7 MILIAR DARI DIREKTUR UTAMA PT MULTICON INDRAJAYA TERMINAL   MENANTU NURHADI, REZKY HERBIYONO, DITUNTUT 11 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   EKS SEKRETARIS MA NURHADI DITUNTUT 12 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   TIM DVI RS POLRI: SEBANYAK 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   FRAKSI PAN DPRD DKI DUKUNG KEBIJAKAN PEMPROV DKI YANG INGIN MENJUAL SAHAM PERUSAHAAN BIR DI PT DELTA DJAKARTA   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS MEMINTA USUL HAK INTERPELASI SOAL BANJIR DI JAKARTA JANGAN DIANGGAP SEBAGAI LELUCON   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS: TAK ADA PERUBAHAN SERIUS SOAL KEBIJAKAN PEMPROV DKI DALAM MENANGANI BANJIR   FRAKSI PSI KEMBALI AJUKAN HAK INTERPELASI KEPADA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SOAL PENANGANAN BANJIR DI JAKARTA    PEMPROV DKI SIAPKAN STRATEGI PENANGGULANGAN MUTASI COVID-19 DARI INGGRIS ATAU B.1.1.7 YANG SUDAH MASUK KE INDONESIA    WAMENKES: DUA KASUS COVID-19 MUTASI B.1.1.7 DITEMUKAN SETELAH PENGECEKAN PADA 462 KASUS DALAM BEBERAPA BULAN TERAKHIR   SATU TAHUN PANDEMI, MUTASI COVID-19 ASAL INGGRIS ATAU B.1.1.7 MASUK KE INDONESIA   TNI AD LAKUKAN VAKSINASI SERENTAK COVID-19 DI LINGKUNGAN MARKAS BESAR ANGKATAN DARAT   PLT WALI KOTA JAKARTA SELATAN ISNAWA ADJI: ADA 10 TITIK DI JAKARTA SELATAN UNTUK KEGIATAN VAKSINASI COVID-19