Kompas TV nasional peristiwa

Keluar dari 10 Besar Kota Termacet Dunia, Jakarta Kini Peringkat Berapa?

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 15:04 WIB
keluar-dari-10-besar-kota-termacet-dunia-jakarta-kini-peringkat-berapa
Ilustrasi kemacetan, mobil di jalan, aturan ganjil genap (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - DKI Jakarta saat ini keluar dari 10 kota paling macet di dunia. Tak hanya DKI Jakarta, tercatat 386 kota dari 416 kota dunia lainnya juga mengalami penurunan kemacetan lalu lintas. Ini terjadi lantaran berbagai negara menerapkan pembatasan sosial hingga lockdown. 

Perusahaan pembuat perangkat GPS dan sistem lalu lintas dunia asal Amsterdam, Tom Tom, menunjukkan DKI Jakarta kini berada di peringkat 31 dunia.

Hal tersebut berdasarkan unggahan Pemprov DKI Jakarta dalam akun Instagram @dkijakarta pada Minggu (17/1/2021).

"Menurut TomTom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini, Jakarta berada di posisi ke 31 dari total 416 kota lain, yang berarti kemacetan semakin berkurang," tulis unggahan tersebut.

DKI Jakarta mengalami penurunan kemacetan 17 persen dibandingkan tahun 2019. Tahun ini, tingkat kemacetan DKI Jakarta 36 persen. Tahun lalu, kemacetan di Ibu Kota mencapai 53 persen dan berada di peringkat 10 kota termacet.

Sepanjang 2020, Februari menjadi bulan terpadat untuk DKI, yakni 61 persen. Setelah itu, pada April, kepadatan DKI langsung turun drastis menjadi 11 persen. 

Ini dikarenakan Pemprov DKI mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menerapkan kebijakan sekolah dan bekerja di rumah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.