Kompas TV internasional kompas dunia

Meski Lumpuh, Orang Ini Berhasil Mendaki Gedung Setinggi 250 Meter dengan Kursi Roda

Minggu, 17 Januari 2021 | 14:45 WIB
meski-lumpuh-orang-ini-berhasil-mendaki-gedung-setinggi-250-meter-dengan-kursi-roda
Lai Chi-Wai ketika mendaki Menara Nina menggunakan kursi roda pada Sabtu (16/1/2021) (Sumber: Reuters)

HONGKONG, KOMPAS.TV - Lai Chi-Wai menjadi orang pertama yang berhasil mendaki gedung pencakar langit setinggi lebih dari 250 meter dengan kursi roda di Hong Kong. Ia mendaki dengan menarik dirinya menggunakan tali selama lebih dari 10 jam pada Sabtu (16/1/2021).

Sebenarnya, Lai ingin mendaki hingga puncak Menara Nina dengan ketinggian lebih dari 300 meter di Semenanjung Kowloon. Namun, pemanjat berumur 37 tahun ini menghentikan pendakiannya.

"Aku agak takut. Kalau mendaki gunung, aku masih bisa berpegangan pada bebatuan atau lubang kecil. Tapi mendaki menara kaca, aku hanya bisa bergantung pada tali," kata Lai.

Lai melakukan pendakian itu untuk menggalang dana bagi pasien penderita kerusakan sumsum tulang belakang. Penggalangan dana itu berhasil meraup uang setara Rp 9,4 miliar.

Lai pernah menjadi juara keempat kalinya kejuaraan panjat tebing Asia dan sempat berada di peringkat delapan pemanjat tebing dunia. Ia juga pernah memenangkan ajang olahraga ekstrim, X-Games pertama di Asia.

Namun, pada Desember 2011 Lai mengalami kecelakaan lalu lintas ketika mengendarai motor. Akibat kecelakaan itu, bagian bawah tubuhnya lumpuh.

Meski begitu, ia tak kehilangan hasrat untuk terus mendaki. Pada 9 Desember 2016 Lai mendaki gunung Lion Rock setinggi 495 meter. Ia memanjat dengan mengaitkan kursi rodanya dengan tali berkatrol.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Sosial

Beramal Lewat Kotak Amal Digital

Kamis, 6 Mei 2021 | 23:41 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:30
JUMLAH KASUS KORONA DI MESIR: 232.905 POSITIF, 174.217 SEMBUH, 13.655 MENINGGAL DUNIA   MESIR LARANG PERAYAAN IDUL FITRI SECARA MASSAL SEIRING NAIKNYA KASUS COVID-19 HARIAN   PFIZER DAN BIONTECH SEPAKAT MENYUPLAI VAKSIN COVID-19 UNTUK PESERTA OLIMPIADE TOKYO   SELANDIA BARU MENYATAKAN KOMITMEN UNTUK MENGIKUTI OLIMPIADE TOKYO TAHUN INI   LEBIH DARI 100 WARGA BERLINDUNG KE KANTOR BUPATI PUNCAK, PAPUA, SAAT KKB LEPASKAN TEMBAKAN   INDONESIAN PUBLIC INSTITUTE SEBUT PENYELESAIAN KONFLIK DI PAPUA PERLU PENDEKATAN KOLABORATIF   DENSUS 88 TANGKAP DPO TERDUGA TERORIS DI SUKABUMI   HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK, JAM OPERASIONAL PENERBANGAN PESAWAT DI BANDARA EL TARI KUPANG HANYA BERLANGSUNG 6 JAM   SEBANYAK 53 ORANG DI RUTAN BATUSANGKAR, SUMBAR, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATU PENUMPANG PESAWAT DARI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG POSITIF COVID-19, 12 ORANG DI”TRACING”   PENGELOLA BANDARA AHMAD YANI SEMARANG MENGAKU LALAI SOAL PENUMPANG POSITIF COVID-19 BISA TERBANG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT PEMERINTAH AKAN BERI INSETIF PAJAK UNTUK SEKTOR RITEL   DINKES SULAWESI TENGAH: 83.338 ORANG DI 13 KABUPATEN DI SULTENG TELAH DIVAKSIN COVID-19   MANTAN KOMISIONER KPK LAODE M SYARIF KECEWA MK TOLAK PERMOHONAN UJI FORMIL UU KPK