Kompas TV internasional kompas dunia

Meski Lumpuh, Orang Ini Berhasil Mendaki Gedung Setinggi 250 Meter dengan Kursi Roda

Minggu, 17 Januari 2021 | 14:45 WIB
meski-lumpuh-orang-ini-berhasil-mendaki-gedung-setinggi-250-meter-dengan-kursi-roda
Lai Chi-Wai ketika mendaki Menara Nina menggunakan kursi roda pada Sabtu (16/1/2021) (Sumber: Reuters)

HONGKONG, KOMPAS.TV - Lai Chi-Wai menjadi orang pertama yang berhasil mendaki gedung pencakar langit setinggi lebih dari 250 meter dengan kursi roda di Hong Kong. Ia mendaki dengan menarik dirinya menggunakan tali selama lebih dari 10 jam pada Sabtu (16/1/2021).

Sebenarnya, Lai ingin mendaki hingga puncak Menara Nina dengan ketinggian lebih dari 300 meter di Semenanjung Kowloon. Namun, pemanjat berumur 37 tahun ini menghentikan pendakiannya.

"Aku agak takut. Kalau mendaki gunung, aku masih bisa berpegangan pada bebatuan atau lubang kecil. Tapi mendaki menara kaca, aku hanya bisa bergantung pada tali," kata Lai.

Lai melakukan pendakian itu untuk menggalang dana bagi pasien penderita kerusakan sumsum tulang belakang. Penggalangan dana itu berhasil meraup uang setara Rp 9,4 miliar.

Lai pernah menjadi juara keempat kalinya kejuaraan panjat tebing Asia dan sempat berada di peringkat delapan pemanjat tebing dunia. Ia juga pernah memenangkan ajang olahraga ekstrim, X-Games pertama di Asia.

Namun, pada Desember 2011 Lai mengalami kecelakaan lalu lintas ketika mengendarai motor. Akibat kecelakaan itu, bagian bawah tubuhnya lumpuh.

Meski begitu, ia tak kehilangan hasrat untuk terus mendaki. Pada 9 Desember 2016 Lai mendaki gunung Lion Rock setinggi 495 meter. Ia memanjat dengan mengaitkan kursi rodanya dengan tali berkatrol.

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:12
BLACKPINK DITUNJUK JADI DUTA KONFERENSI PERUBAHAN IKLIM PBB (COP26) 2021   BNPB: 60 RUMAH RUSAK RINGAN PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,2 DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN   SEMPAT PADAM SAAT GEMPA 5,2 MAGNITUDO, JARINGAN LISTRIK DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN, KEMBALI PULIH   DARI KEDUA TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI SURABAYA DAN MOJOKERTO SEJUMLAH BARANG BUKTI DISITA DI ANTARANYA PEDANG   DENSUS 88 POLRI TANGKAP DUA PRIA TERDUGA TERORIS DI SURABAYA DAN MOJOKERTO, JAWA TIMUR   TERKAIT PENEMBAKAN DI CENGKARENG, KOMPOLNAS MINTA POLRI LAKUKAN TES KEJIWAAN BAGI POLISI PEMEGANG SENJATA API   KPK INGATKAN KEPALA DAERAH YANG BARU DILANTIK AGAR SELALU MEMEGANG TEGUH INTEGRITAS   POLDA METRO JAYA BERENCANA USULKAN LOKASI KAMPUNG TANGGUH JAYA JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 UNTUK MASYARAKAT   AZIS SYAMSUDDIN: TAHANAN KPK BUKAN PRIORITAS VAKSINASI SEHINGGA BERPOTENSI TIMBULKAN KETIDAKSETARAAN AKSES   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEMENKES MENGEVALUASI PROSEDUR PEMBERIAN VAKSIN COVID-19 BAGI TAHANAN KPK   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR: TOTAL PESERTA YANG DIVAKSINASI DI KOMPLEKS PARLEMEN DIPERKIRAKAN MENCAPAI 12.000 ORANG   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, & 35.786 MENINGGAL DUNIA