Kompas TV regional update

Pengungsi Gempa Majene Kesulitan Listrik, Warga Bertahan dengan Senter dan Lilin

Minggu, 17 Januari 2021 | 08:15 WIB

MAMUJU, KOMPAS.TV - Memasuki hari kedua pasca gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat, listrik di sejumlah titik tampak sudah mulai menyala.

Pantauan Tim Kompas TV, salah satu posko pengungsian di Stadion Manakara Mamuju, tampak sudah mulai diterangi dengan listrik.

Lampu-lampu jalanan pun sudah menyala.

Hal ini berbeda dengan kondisi satu hari sebelumnya, dimana para pengungsi harus membawa jenset pribadi untuk penerangan.

Hal ini juga sesuai dengah perintah Kepala BNPB, Doni Monardo yang menyebut telah berkoordinasi dengan tiga lembaga dan kementerian terkait untuk menunjang kebutuhan para pengungsi.

Di antaranya PLN, Menkominfo dan Pertamina.

Di lokasi lain di Mamuju, warga Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat yang terdampak gempa bergotong royong membangun tenda pengungsian di selasar RSUD Kabupaten Mamuju.

Di malam ketiga pasca gempa, pengungsi mengaku belum menerima bantuan dari pemerintah.

Secara mandiri, warga Kelurahan Rimuku, Binanga, Karema, Kecamatan Mamuju juga membangun dapur umum untuk 263 warga yang mengungsi di halaman RSUD Mamuju.

Warga juga ikut iuran menyiapkan persediaan bahan makanan, dibantu LSM setempat dan organisasi mahasiswa.

Sementara itu, di Kabupaten Majene, ratusan pengungsi masih bertahan di Sport Center Majene.

Di pengungsian ini, para pengungsi terpaksa menggunakan lilin dan senter sebagai alat penerangan karena aliran listrik belum menyala.

Sejumlah pengungsi juga mulai terserang penyakit.

 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:43
BMKG DORONG PEMDA TINGKATKAN MITIGASI DAN KEWASPADAAN WARGA TERHADAP BENCANA   WAGUB BANTEN MINTA TUGU PAMULANG DI BUNDARAN JALAN SILIWANGI, TANGSEL, DIBONGKAR AGAR TAK JADI POLEMIK   BANYAK PHK AKIBAT PANDEMI, PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH MEMPERBANYAK PROGRAM PADAT KARYA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: GERAKAN PRAMUKA HARUS TUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN   POLRI TERUS KEJAR KKB YANG DIDUGA MEMBAKAR HELIKOPTER MILIK PT ERSA AIR DI BANDARA AMINGGARU, PAPUA    BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI PPPA: POLIGAMI TANPA PENGETAHUAN, AWAL MULA PERLAKUAN SALAH KEPADA PEREMPUAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN: PENAMBAHAN KASUS POSITIF COVID-19 HARUS JADI PERHATIAN PEMDA SETIAP HARI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH JADI "ROLE MODEL" PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI INGIN KEPALA DAERAH PRIORITASKAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PRESIDEN SEBUT PEMULIHAN EKONOMI DI DAERAH SEBAIKNYA TIDAK DILAKUKAN SECARA TERGESA-GESA   PRESIDEN JOKOWI SEBUT ANGKA KESEMBUHAN COVID-19 RI DI ATAS RATA-RATA ASIA BAHKAN DUNIA   KASUS PENGADAAN CITRA SATELIT, KPK DALAMI ADANYA PENERIMAAN SEJUMLAH UANG