Kompas TV regional berita daerah

Petani Di Sumba Tengah Gembira Dapat Alat Pertanian Yang Diidam-idamkan

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 01:04 WIB
Penulis : Herwanto

WAIBAKUL, KOMPAS.TV-

Para petani dan warga di bukit JW Food Estate di Desa Makatakiri, Kecamatan Katiku Tana, Kabuoaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sedang bergembira. Pasalnya para petani mendapat bantuan dari kementerian pertanian.

kehadiran jajaran kementeri pertanian ini, selain dalam rangka kunjungan kerja, juga menyerahkan bantuan untuk para petani berupa 100 unit traktor. Rinciannya yaitu traktor roda 2 mendapat 80 unit, dan traktor roda 4 mendapat 20 unit. Selain itu para petani juga mendapat combain, yaitu mesin panen multi fungsi untuk panen padi maupun jagung sebanyak 12 unit. Para petani juga mendapat alat untuk sumur pompa, penyemprot hama dengan sistem drone, pupuk, serta benih jagung dan padi. Bantuan alat- alat pertanian ini merupakan stimulan di tahap awal, untuk Kabupaten Sumba Tengah, untuk mengubah sistem bertanam, mengubah lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif, yang luasnya diperkirakan akan mencapai 7000 hektar.
Lahan seluas ini akan dibagi beberapa zona dan akan diberdayakan untuk tanaman padi dan jagung, dengan melihat potensi yang ada.
Warga pun tentu menyambut gembira bantuan yang memang sudah lama mereka idam- idamkan ini. Kementerian Pertanian dan pejabat daerah Sumba Tengah  mencoba alat pertanian traktor beroda 4 di tengah hamparan sawah di Desa Makatakiri, Kabupaten Sumba Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.