Kompas TV regional peristiwa

Banjir Kalsel, BNPB Salurkan Dana Siap Pakai Rp 3,5 Miliar ke Pemda

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 22:24 WIB
banjir-kalsel-bnpb-salurkan-dana-siap-pakai-rp-3-5-miliar-ke-pemda
Rumah-rumah warga di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel) tampak terendam banjir, Sabtu (16/1/2021) (Sumber: bnpb.go.id)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penanganan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus dilakukan. Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNBP) bahkan telah menyerahkan dana bantuan siap pakai sebesar Rp 3,5 miliar.

Dana tersebut disalurkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga pemerintah daerah yang terdampak di provinsi itu.

"Dana siap pakai dari BNPB untuk provinsi Kalimantan Selatan telah disalurkan Rp 1 miliar," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam konferensi pers secara virtual dikutip dari Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: 7 Wilayah di Kalimantan Selatan Terendam Banjir, Mana Saja?


Sementara itu, Radit mengatakan, pihaknya juga menyalurkan bantuan siap pakai sebesar Rp 500 juta masing-masing pemerintah daerah (pemda).

Di antaranya, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Balangan.

Total bantuan siap pakai yang disalurkan BNPB sebesar Rp 3,5 miliar.

Tak hanya itu, Radit mengatakan, BNPB telah mendirikan lima tenda pengungsian dan menyiapkan 100 bed.

Lalu mengerahkan satu unit perahu lipat sepanjang 10 meter dengan mesin, pelampung, dan men 100 paket makan siap saji serta makanan tambahan dan masker.

Lebih lanjut, Radit menyampaikan, hingga Sabtu (16/1/2021) banjir yang terjadi di Kalsel mengakibatkan lima orang meninggal dunia.

Baca Juga: Banjir Rendam Kalimantan Selatan, BNPB: Lebih dari 100.000 Warga Mengungsi

Sementara itu, sebanyak 27.111 rumah terendam dan 112.709 warga mengungsi.

Pemerintah Daerah Kalsel pun telah menaikkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x