Kompas TV video cerita indonesia

Terekam Kamera!! Detik-Detik Gunung Semeru Meletus dan Keluarkan Awan Panas

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 21:05 WIB
Penulis : Abdur Rahim

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Gunung Semeru kembali mengeluarkan semburan awan panasi sejauh 4,5 kilometer.

Kejadian ini berlangsung pada Sabtu sore (16/1/2020) sekitar pukul 17.24.

Menurut pengamatan BNPB melalui pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq  juga telah mengkonfirmasi peristiwa tersebut.

"Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas," jelas Bupati Thoriqul dalam rilis BNPB (16/1).

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Tempat Wisata

Warga yang berada di sekitar pegunungan, khususnya di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan diharapkan untuk waspada jika aktivitas gunung mengalami peningkatan.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai atau DAS juga diminta untuk waspada, akan potensi gunung mengeluarkan lahar dingin, mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

Saat ini PVMBG tengah melakukan evaluasi lebih lanjut terkait kondisi Gunung Semeru. Hingga kini, Gunung Semeru tengah berada pada level II atau siaga.

Hingga berita ini diturunkan, seluruh otoritas terkait tengah melakukan pendataan, jika aktivitas Gunung Semeru ini menimbulkan korban jiwa. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.