Kompas TV regional peristiwa

BNPB Serahkan Bantuan Sebesar Rp4 Miliar untuk Penanganan Korban Gempa di Sulawesi Barat

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 15:16 WIB
bnpb-serahkan-bantuan-sebesar-rp4-miliar-untuk-penanganan-korban-gempa-di-sulawesi-barat
Kepala BNPB Doni Monardo serahkan bantuan sebesar Rp4 miliar kepada Gubernur Sulawesi Barat. (Sumber: BNPB)

MAJENE, KOMPAS.TV - Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan bantuan sebesar Rp4 miliar kepada Gubernur Sulawesi Barat untuk penanganan kebutuhan pokok pasca gempa bumi M6,2 yang terjadi.

Bantuan sebesar Rp4 miliar tersebut untuk Provinsi Sulawesi Barat sebesar Rp2 miliar, dan masing-masing Rp1 miliar untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

Bantuan tersebut diserahkan Doni secara simbolis kepada Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar di lokasi bencana, Majene, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: BNPB: 15 Ribu Warga Mengungsi di 10 Titik Pengungsian Akibat Gempa Mamuju-Majene

Selain bantuan berupa dana, BNPB juga telah memberikan bantuan berupa 8 set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk.

Kemudian 700 lembar selimut, 5 unit light tower, 20 unit velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 pcs masker kain, 700 pak mi sagu, dan 30 unit genser 5 KVA.

Sebelum pemberian bantuan, Doni bersama Gubernur Ali Baal meninjau lokasi terdampak gempa di Kecamatan Malunda dan Ulumanda.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sendiri telah menetapkan status darurat bencana tersebut. Doni meminta status tersebut dioptimalkan selama satu atau dua pekan ke depan.

"Tahap pertama, satu dua minggu ini kita harapkan status darurat bisa dioptimalkan. Seluruh komponen yang ada bisa diberdayakan," kata Doni.

Baca Juga: 42 Meninggal & 189 Orang Luka Berat Akibat Gempa M6,2 di Mamuju

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.