Kompas TV regional berita daerah

Tempe dari Lamtoro, Harga Murah, Rasa Tak Mau Kalah

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 13:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Tempe pada umumnya terbuat dari kedelai, namun di Kabupaten Blitar Jawa Timur, ada perajin tempe yang menggunakan kacang lamtoro sebagai bahan bakunya. Rasanya yang unik dan gurih membuat kuliner zaman dulu itu laris diburu warga.

Kesibukan langsung terlihat saat memasuki dapur milik Nurlia, warga Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Setiap pagi perempuan usia 67 tahun ini sibuk memproduksi tempe.

Baca Juga: Pilih Tempe Dibungkus Daun Pisang atau Plastik? Ini Keunggulannya Masing-masing

Bukan tempe berbahan dasar kedelai, melainkan dari kacang lamtoro. Nurlia merupakan generasi ke 3 yang terus mempertahankan produksi tempe lamtoro dari puluhan tahun lalu hingga sekarang.

Pada zaman dulu, lamtoro masih mudah dijumpai sehingga banyak dimanfaatkan warga untuk diolah menjadi makanan, salah satunya tempe.

Selain itu, harga lamtoro lebih murah dibanding kedelai. Hal inilah yang menjadi alasan Nurlia tetep menggunakan lamtoro sebagai bahan baku tempe.

Proses pembuatanya juga sama persis dengan produksi tempe kedelai. Nurlia menghabiskan 20 kilogram lamtoro dalam sehari untuk dibuat menjadi 450 kemasan tempe berukuran kecil. Harga jualnya juga murah, yakni 1500 rupiah saja per kemasan.

Baca Juga: Jumlah Perajin Tahu dan Tempe Berkurang di Kampung Tahu

Rasanya yang unik dan gurih membuat tempe lamtoro ini tetap laris diburu warga hingga saat ini. Selain rasa, murahnya harga tempe lamtoro juga membuat warga beralih dari tempe kedelai yang saat ini harganya mahal.

 

#Tempe #KacangLamtoro #Kedelai #Blitar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x