Kompas TV nasional berita utama

Menkes Budi Rencanakan Bepergian Tak Lagi Tunjukkan Swab Test Usai Divaksin

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 12:04 WIB
menkes-budi-rencanakan-bepergian-tak-lagi-tunjukkan-swab-test-usai-divaksin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkes Budi merencanakan akan memberikan sertifikat digital bagi masyarakat yang selesai divaksin Covid-19. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan sebagai syarat bepergian tanpa melakukan swab test.

"Cuma sertifikatnya bukan sertifikat fisik, tapi sertifikat digital yang bisa ditaruh di Apple Wallet atau Google Wallet, sehingga kalau terbang atau pesan tiket di Traveloka tidak usah menunjukan PCR test atau antigen," kata Menkes Budi mengutip Tribunnews dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (16/1/2021).

Menkes Budi mengatakan, pemberian sertifikat digital ini bisa dilakukan pemerintah agar masyarakat bersedia divaksin.

Pemberian sertifikat digital ini bisa dilakukan pemerintah agar masyarakat bersedia divaksinasi. 

Menkes Budi sepakat bahwa pelaksanaan vaksinasi mestinya tidak dikaitkan dengan konsekuensi pidana.

Kemudian menggantikan konsekuensi pidana tersebut dengan insentif berupa sertifikat kesehatan digital tersebut. Lebih lanjut, pemberian sertifikat ini akan mendukung penerapan protokol kesehatan.

"Nanti saya akan bicarakan dengan Kementerian Perhubungan supaya jadi lebih sifatnya insentif yang diberikan ke masyarakat kalau mereka melakukan vaksinasi," pungkasnya.

"Nanti kami cari aplikasinya bisa dibikin anak-anak muda Indonesia agar bisa menjadi mekanisme screening yang baik dan online," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.