Kompas TV regional berita daerah

Bambu Disulap Menjadi Furnitur Bernilai Jual Tinggi

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 10:54 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, KOMPAS.TV - Dengan memanfaatkan banyaknya pohon bambu, seorang pria di Kabupaten Kediri Jawa Timur sukses mendirikan usaha furnitur bambu bernilai jual tinggi. Bagusnya kualitas produk yang dihasilkan membuat kerajinan dari bambu ini telah terjual ke seluruh Indonesia.

Adalah Mujiana, warga Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur, yang sukses menyulap bambu menjadi kerajinan furnitur atau mebel bernilai jual tinggi.

Baca Juga: Hebat! Ragam Jenis Bambu Ini Diolah Jadi Furniture hingga Tembus Pasar Dunia

Pria berusia 50 tahun itu memutuskan terjun ke dunia mebel bambu setelah melihat banyaknya pohon bambu yang tidak dimanfaatkan. Bapak 2 anak ini kemudian mengikuti pelatihan tentang pengolahan bambu dan mencari sumber rujukan di media sosial.

Dari sanalah, Mujiana mengaku mulai piawai membuat mebel dari bambu. Setelah 10 tahun berjalan, berbagai furnitur bambu telah terjual ke berbagai daerah di Indonesia dengan omzet puluhan juta rupiah.

Dari usaha kerajinan bambu, Mujiana juga mengaku dapat memberdayakan warga sekitar menjadi pekerjanya dan memiliki penghasilan.

Baca Juga: Unik! Cangkang Telur Disulap Jadi Kerajinan Lukisan Berharga

Produk yang dihasilkan Mujiana bervariasi mulai dari piring, meja hingga hiasan dinding. Harganya juga bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran dan jenis produknya.

#Bambu #Furnitur #Kerajinan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x