Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Sebut 25 Daerah di Indonesia Harus Waspada di Januari-Februari, Mana Saja?

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 09:23 WIB
bmkg-sebut-25-daerah-di-indonesia-harus-waspada-di-januari-februari-mana-saja
Ilustrasi hujan (Sumber: oceanicpropertiesllc.com via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setidaknya ada 25 daerah di Indonesia yang harus meningkatkan kewaspadaan pada Januari hingga Februari 2021 ini. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sepanjang bulan tersebut sebagai puncak musim hujan dan berpotensi menimbulkan banjir.

Dalam konferesni pers daring, Jumat (15/1/2021), Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan mengatakan, bulan Januari hingga Februai 2021 akan menjadi puncak musim hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Atas dasar itu BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir menjelang puncak musim hujan 2021,” imbuh Dodo Gunawan sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Pengiriman Bantuan Korban Banjir Kalsel secara Cepat. Ada Apa?

Adapun Guwanto, M.Si selaku Deputi Bidang Meteorologi menjelaskan, dilihat dari kondisi lokal, regional maupun global, pada tanggal 16-21 Januari 2021 akan terjadi hujan lebat dengan intensitas sedang dan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

“Angin Monsun Asia mengalami penurunan intensitas dalam sepekan terakhir dan diprakirakan akan meningkat kembali dalam sepekan ke depan,” katanya.

Disebutkan Guswanto, waktu hujan dengan intensitas lebat lebih cenderung terkonsentrasi pada pagi hari, siang hari, dan sore hari.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Gempa Susulan di Mamuju Sulawesi Barat

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan peluang terjadinya multi bahaya atau multi risiko, baik dari aspek cuaca, iklim, gempa bumi, atau pun tsunami yang akan semakin meningkat pada bulan Januari, Februari, hingga Maret 2021.

“Puncak bencana hidrometeorologi diperkirakan Januari- Februari. Namun, seiring dengan itu peluang atau potensi kegempaan juga meningkat,” sambung Dwikorita.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga memaparkan, cuaca pada 15 Januari 2021 yang diprediksi dengan probabilistik lebih dari 60 persen berpotensi hujan lebat hingga ekstrem di Jawa Timur, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: BMKG: Warga Diimbau Jauhi Pantai dan Gunung

Sedangkan, untuk hari ini 16 Januari 2021 dengan probabilistik lebih dari 60 persen, berpotensi hujan lebat dapat mencapai ekstrem yaitu lebih dari 50 mm, terjadi di Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan sedang-lebat pada tujuh hari ke depan:

Sumatera

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Jambi

4. Sumatera Selatan

Jawa

1. Banten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.