Kompas TV regional peristiwa

Tim SAR Balikpapan Kirim 27 Personel Bantuan ke Mamuju

Sabtu, 16 Januari 2021 | 05:45 WIB

MAMUJU, KOMPAS.TV - Kantor pencarian dan pertolongan kelas A, Balikpapan, bertolak ke Majene-Mamuju, Sulawesi Barat, untuk membantu proses evakuasi warga pasca musibah gempa.

27 personel diberangkatkan dari kantor pencarian dan pertolongan kelas A, Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju Mamuju, Sulawesi Barat, menggunakan KN SAR Wisanggeni dari pelabuhan Somber untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Majene.

Baca Juga: Bantuan Logistik Korban Gempa di Mamuju akan Diserahkan Sabtu Ini

Selain personel, tim juga membawa sejumlah peralatan dan perlengkapan pendukung untuk melakukan proses evakuasi pasca gempa. 

Seperti alat ekstrasi, APD hazmat, hingga tenda untuk posko bagi pengungsi korban gempa.

Operasi yang dilakukan KPP kelas A Balikpapan ini dijadwalkan berlangsung selama 7 hari dan akan melaksanakan tugas setelah berkoordinasi dengan kantor pencarian dan pertolongan Majene sebagaimana arahan dari kantor pusat.

Bantuan terus bergerak dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Bantuan diberangkatkan juga melalui jalur laut dengan kapal perang KRI Teluk Ende 517.

Pangkalan utama TNI Angkatan Laut, Lantamal VI Makassar memberangkatkan 120 personel TNI menuju Mamuju, Sulawesi Barat.

Para personel TNI berangkat dari dermaga Fasharkan sekitar pukul 15.00 WITA. Kapal akan menempuh perjalanan hingga 20 jam untuk tiba di Dermaga Lanal Mamuju.

Kapal juga membawa bantuan yang datang dari berbagai pihak berupa bahan makanan, obat-obatan, pakaian, alat berat, dan juga tenaga kesehatan. Menurut rencana, bantuan akan kembali dikirimkan pada hari Sabtu (16/1/2021) ini.

Baca Juga: Tinjauan Kepala BNPB Doni Monardo dan Mensos Risma ke Lokasi Gempa di Mamuju

Sementara itu, kantor Basarnas Gorontalo memberangkatkan 10 personel untuk membantu korban gempa yang rerjadi di Mamuju, Sulawesi Barat, pada Jumat (15/1/2021) kemarin.

Selain 10 personel, Basarnas juga membawa sejumlah peralatan yang digunakan untuk membantu korban yang terdampak gempa bumi.

Puluhan personel ini diberangkatkan dengan menggunakan tiga mobil milik Basarnas. Diperkirakan tim akan tiba di Sulawesi Barat pada Sabtu ini.

Penulis : Reny Mardika




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:46
NOVAK DJOKOVIC PEGANG REKOR SEBAGAI PETENIS NOMOR 1 DUNIA TERLAMA SELAMA 311 PEKAN   PRESIDEN SURIAH BASHAR AL-ASSAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   VIETNAM MULAI PROGRAM VAKSINASI MASSAL COVID-19   PENEMPATAN PULUHAN RIBU TENTARA AS DI KOREA SELATAN GUNA BERTAHAN DARI AGRESI KOREA UTARA   KOREA SELATAN SEPAKAT BAYAR ONGKOS PENEMPATAN 28.500 ANGGOTA PASUKAN AS DI NEGARANYA SEBESAR RP 71,8 T PER TAHUN   PEMKAB SLEMAN, DIY, GELAR VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI MAL AGAR PESERTA TIDAK TAKUT   KOMNAS KEJADIAN IKUTAN PASCA-IMUNISASI: INFORMASI SOAL 4 NAKES MENINGGAL AKIBAT DIVAKSIN COVID-19 ADALAH HOAKS   SEBANYAK 240 TOKOH AGAMA DI TANGERANG SELATAN TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA   MULAI SELASA PAGI, ASN DI JAKARTA BARAT TERIMA VAKSIN COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL INGIN PINJAM GEDUNG KAMPUS IPB SEBAGAI LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI MASYARAKAT   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TARGETKAN 6 JUTA DOSIS VAKSIN KORONA TERPAKAI HINGGA JUNI MENDATANG   PT BIO FARMA TUNGGU ARAHAN KEMENKES UNTUK PENYALURAN 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA   MENLU RETNO MARSUDI: 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA DIDAPATKAN DARI JALUR MULTILATERAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 4 PASIEN YANG TERPAPAR VIRUS KORONA B117 SUDAH SEMBUH