Kompas TV internasional kompas dunia

Mahmoud Abbas Umumkan Pemilu Presiden dan Parlemen Palestina Akan Digelar Tahun ini

Sabtu, 16 Januari 2021 | 05:50 WIB
mahmoud-abbas-umumkan-pemilu-presiden-dan-parlemen-palestina-akan-digelar-tahun-ini
Dalam file foto 19 Mei 2020 ini, Presiden Palestina Mahmoud Abbas memimpin rapat pimpinan di markas besarnya di kota Ramallah, Tepi Barat. Abbas mengeluarkan keputusan pemilihan parlemen dan presiden tahun ini yang diumumkan Jumat, 15 Januari 2021. Itu akan menjadi pemungutan suara pertama sejak tahun 2006, ketika kelompok militan Islam Hamas menang telak. (Sumber: Alaa Badarneh/Foto Pool via AP, File)

GAZA CITY, KOMPAS TV — Presiden Palestina Mahmoud Abbas hari Jum'at (15/01/2021) mengumumkan Palestina akan melaksanakan pemilihan umum presiden dan parlemen tahun ini, pertamakalinya sejak 2006 saat kelompok garis keras Hamas menang besar saat itu, demikian dilansir Associated Press Sabtu (16/01/2021)

Pemilihan umum akan membawa resiko besar bagi Partai Fatah pimpinan Abbas dan juga bagi Hamas, yang menyambut keputusan tersebut. 

Kedua kubu selama ini diterpa protes atas ketidakmampuan mereka untuk rekonsiliasi, memajukan aspirasi warga Palestina untuk mewujudkan sebuah negara, atau untuk memenuhi kebutuhan dasar di wilayah yang mereka kelola.

Fatah dan Hamas sudah sepuluh tahun menyerukan digelarnya pemilihan umum, namun tidak pernah berhasil mempertemukan perbedaan maupun menyepakati proses pelaksanaan pemilu. 

Baca Juga: Diplomasi Indonesia di Tahun 2021 Akan Tetap Mendukung Palestina

Terlepas dari pengumuman kemarin oleh Abbas, saat ini belum jelas apakah pemungutan suara akan benar-benar bisa terjadi.

Pemilu Palestina juga akan membuat runyam rencana presiden AS terpilih, Joe Biden, memulihkan bantuan bagi Palestina dan menghidupkan kembali proses perdamaian dengan Israel. 

Penulis : Edwin Shri Bimo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:28
NOVAK DJOKOVIC PEGANG REKOR SEBAGAI PETENIS NOMOR 1 DUNIA TERLAMA SELAMA 311 PEKAN    PRESIDEN SURIAH BASHAR AL-ASSAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19    VIETNAM MULAI PROGRAM VAKSINASI MASSAL COVID-19    PENEMPATAN PULUHAN RIBU TENTARA AS DI KOREA SELATAN GUNA BERTAHAN DARI AGRESI KOREA UTARA    KOREA SELATAN SEPAKAT BAYAR ONGKOS PENEMPATAN 28.500 ANGGOTA PASUKAN AS DI NEGARANYA SEBESAR RP 71,8 T PER TAHUN    PEMKAB SLEMAN, DIY, GELAR VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI MAL AGAR PESERTA TIDAK TAKUT    KOMNAS KEJADIAN IKUTAN PASCA-IMUNISASI: INFORMASI SOAL 4 NAKES MENINGGAL AKIBAT DIVAKSIN COVID-19 ADALAH HOAKS    SEBANYAK 240 TOKOH AGAMA DI TANGERANG SELATAN TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA    MULAI SELASA PAGI, ASN DI JAKARTA BARAT TERIMA VAKSIN COVID-19    GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL INGIN PINJAM GEDUNG KAMPUS IPB SEBAGAI LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI MASYARAKAT    GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TARGETKAN 6 JUTA DOSIS VAKSIN KORONA TERPAKAI HINGGA JUNI MENDATANG    PT BIO FARMA TUNGGU ARAHAN KEMENKES UNTUK PENYALURAN 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA    MENLU RETNO MARSUDI: 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA DIDAPATKAN DARI JALUR MULTILATERAL    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 4 PASIEN YANG TERPAPAR VIRUS KORONA B117 SUDAH SEMBUH