Kompas TV olahraga kompas sport

Jadi Manager Tetap Derby County, Wayne Rooney Umumkan Pensiun

Kompas.tv - 16 Januari 2021, 03:00 WIB
jadi-manager-tetap-derby-county-wayne-rooney-umumkan-pensiun
Wayne Rooney Umumkan Pensiun dan Resmi Jadi Pelatih Derby County (Sumber: instagram @dcofficial)
Penulis : Rizky L Pratama

DERBYSHIRE, KOMPAS.TV – Wayne Rooney resmi mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola pada Jum’at (15/1/2021) setelah menerima tawaran dari Derby County untuk menjadi manajer tetap klub berjuluk The Rams tersebut.

Sebelumnya, Rooney hanya menjadi manajer interim menggantikan Phillip Cocu pada 26 November 2020 lalu. Dengan begitu, Rooney telah mengakhiri karir cemerlangnya sebagai pesepakbola profesional yang telah dirintisnya sejak tahun 2002.

Dalam kurang lebih 19 tahun karir sepakbolanya, Rooney telah membela 4 klub yakni Everton, Manchester United, D.C. United dan Derby County. Di timnas Inggris sendiri, Rooney mencatatkan 120 caps yang merupakan rekor terbanyak untuk pemain yang bukan di posisi kipper. Luar biasanya lagi, Rooney juga memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Manchester United dengan torehan 253 gol serta rekor pencetak gol terbanyak di timnas Inggris dengan 53 gol.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wayne Rooney (@waynerooney)

Langsung Akan Debut Akhir Pekan Ini

Di Derby County tugas Rooney tidaklah mudah. Ia harus segera mengangkat performa tim yang saat ini masih berkutat di zona degradadi Divisi Championship. Sekedar info, The Rams hingga pekan ke 23 masih terjerembab di posisi 22 klasemen dengan 19 poin. Rooney akan memulai karir kepelatihannya sebagai manajer tetap Derby County, Sabtu (16/1/2021) saat melawan Rotherham di kandang.

Dikutip dari instagram resmi Derby County @dcofficial, Rooney ingin menulis sejarah hebat dalam karirnya sebagai pelatih. Dia juga mengatakan ingin membantu para pemain muda untuk berkembang menjadi pemain hebat.

“Masa depanku ada di kepelatihan. Saya mempunyai karir yang luar biasa, meski naik turun, saya tidak akan merubah apapun. Tapi sekarang, saya ingin membuat sejarah di karir kepelatihan saya,” kata Rooney.

“Hampir seluruh hidup saya, saya gunakan untuk bermain sepakbola, jadi saya beruntung masih menjadi bagian dari sepakbola. Ini adalah babak baru untuk saya. Akankah saya merindukan bermain sepakbola? Tentu saja. Tapi waktu terus berjalan. Saya sudah melalui masa saya, sekarang saatnya untuk generasi yang lebih muda untuk untuk memulai masa mereka dan ini waktu bagi saya untuk membimbing mereka,” tutup Rooney.

Apakah karir kepelatihan Rooney juga akan sesukses karirnya sebagai pesepakbola? Tentu waktu yang akan menjawab. Semoga sukses legenda!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x